Hubungan Antara Academic Hardiness dengan Self-Confidence pada Siswa SMP Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.122.02Keywords:
Academic Hardiness, Self-confidenceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengukur tingkat academic hardiness pada siswa SMP di Banda Aceh, 2) mengukur tingkat self-confidence pada siswa SMP di Banda Aceh, 3) memprediksikan hubungan antara academic hardiness dengan self-confidence pada siswa SMP di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah 31 SMP yang berada di Banda Aceh dengan lima sekolah atau sebanyak 2604 siswa yang mewakili populasi, dan jumlah sampel sebanyak 339 siswa dari lima SMP di Banda Aceh. Sampel diambil dengan teknik multistage random sampling, dengan tingkatan kelas VII sampai dengan IX. Teknik penggumpulan data menggunakan 2 skala yaitu Revised Academic Hardiness Scale (RAHS) dan Self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan tingkat academic hardiness pada siswa rata-rata masuk pada kategori tinggi dengan persentase 75% dan tingkat self-confidence pada siswa rata-rata masuk pada kategori tinggi dengan persentase 67%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yang positif antara academic hardiness dengan self-confidence dengan koefisien korelasi sebesar 0.382 dengan nilai signifikansi 0.000. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi guru BK di sekolah guna meningkatkan mutu pelayanan kepada siswa.
References
Afiatin, T., & Martaniah, S. M. (1998). Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Konseling Kelompok, Jurnal Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 3(6), 66-77.
Ambarini, R. (2017). Character building and creativity in early childhood through total physical response warm up game. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1), 150-162.
Ardi Kusuma, C., & Purwandari, E. (2018). Hubungan antara kepribadian hardiness dengan optimisme masa depan pada mahasiswa tingkat akhir (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Bakar, A., Fajriani, F., Husen, M., & Shafira, N. (2022). Academic Hardiness and Active Procrastination: Levels and Correlation among University Students. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 15-24.
Cempaka, W. T. (2019). Kepercayaan Diri Pada Remaja Awal Ditinjau Dari Dukungan Sosial Keluarga. Fakultas Psikologi Universitas Semarang.
Jannah, M., Aprilia, E. D., Kumala, I. D., & Khatijatusshalihah, K. (2021). Ketangguhan Akademik pada Mahasiswa Penerima Bidikmisi. Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah, 4(2), 232-247.
Kristovel, K. (2021). Hubungan Antara Self-Confidence Dengan Hardiness Pada Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Bekerja (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).
Lauster, Peter. (2015). Tes Kepribadian (Terjemahan D. H. Gulo). Jakarta: Bumi Aksara.
Miškolciová, L., & Ďuricová, L. (2015). Relationship between self-concept and resistance in terms of “hardiness” in university students. The New Educational Review, 39, 96-106.
Palupi, Y. D. S. (2020). Pengaruh self-acceptance dan self-confidence terhadap intensi penggunaan make up pada mahasiswi Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Pangestu, N. (2019). Hardiness Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi di Universitas Negeri Semarang. Skripsi. SEMARANG.
Sarwono, S. W. (2004). Psikologi Remaja. Edisi Revisi 8. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.
Sheard, M. (2009). Hardiness commitment, gender, and age differentiate university academic performance. British Journal of Educational Psychology, 79(1), 189-204.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
WHO. (2011). IMAI-Participants Manual-one day orientation on Adolescents Living With HIV. Communication.
Widjaya, A. (2018). Hubungan antara percaya diri dengan penyesuaian sosial siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 14-22.
Zwagery, R. V., & Leza, N. M. (2021). Hubungan Hardiness dengan Student Engagement pada Siswa SMP Negeri 1 Banjarbaru. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 19(02).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fira Rosalina, Syaiful Bahri, Nurbaity Nurbaity

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY