Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Bimbingan Manajemen Diri Siswa Di Makassar
DOI:
https://doi.org/10.21009/insight.071.04Keywords:
manajemen diri, kesulitan belajarAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif tentang penerapan manajemen diri dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian adalah: 1) Pelaksanaan bimbingan manajemen diri merupakan tindakan yang dapat meminimalisasikan kesulitan belajar yang dihadapi siswa, 2) Bimbingan manajemen diri dapat mengatasi kesulitan belajar siswa, dimana terjadi penurunan tingkat kesulitan belajar siswa setelah memperoleh bimbingan manajemen diri di SMP Negeri 1 Makassar. Saran-saran yang diberikan berupa: 1) Guru pembimbing hendaknya lebih intensif dalam melaksanakan kegiatan ini dalam mengantisipasi kecenderungan kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa, 2) Siswa hendaknya berusaha secara optimal memanfaatkan layananan bimbingan dan konseling khususnya layanan bimbingan manajemen diri.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta.
Cormier & Nurius. 2003. Interviewing and Change Strategies For Helpess (Fundamental Skill and Cognitive Behavioral Intervention). Spain: Thomson.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka cipta.
Fikriana, 20 Juni 2007. Manajemen Diri. Diakses melalui Situs On-Line internet http://fikriana.wordpress.com/2007/06/20/manajemen-diri/.
Handayaningrat, S. 2004. Pengantar Studi Administrasi dan Manajemen, Yogyakarta:Gajah Mada Universitas Press.
Prayitno& Amti, E. 2004. Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY