Pengembangan Self-Help Book untuk Membantu Peserta Didik Mengatasi Konflik dengan Orang Tua dalam Perspektif Konseling Realitas

Authors

  • Diana Syamila Universitas Negeri Jakarta
  • Hilma Fitriyani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.072.02

Keywords:

Development, ADDIE model, Self-Help Book, Reality Therapy, Parents—Adolescents Conflict

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran self-help book (buku bantuan diri) mengenai cara mengatasi konflik dengan orang tua dalam perspektif terapi realitas yang ditujukan kepada kelas X dan XI jurusan IPS di SMA Suluh Jakarta. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Tahapan model pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis, desain, dan pengembangan. Evaluasi formatif dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, da peserta didik. Berdasarkan data tersebut menunjukkan hasil evaluasi validitas ahli media 82,9% (baik), validitas ahli materi 88,6% (sangat baik), dan peserta didik 91% (sangat baik). Hasil penelitian adalah sebuah buku yang berisi tahapan penyelesaian konflik dengan orang tua menggunakan sistem WDEP pada perspektif terapi realitas.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Model ADDIE, Self-Help Book, Terapi Realitas, Konflik Orang Tua—Remaja.

 

Abstract

 

This study aims to produce an instructional book about steps to resolve conflict with parents for 10th and 11th grader of Suluh High School Jakarta. The research method used is the Research and Development (R&D) method using the ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) model. The stages of the development model in this research are in analysis, design, and development. Formative evaluations had been done by a media expert validation evaluation 82,9% (good), validity of material experts 88,8% (very good), and students 91% (very good). The results of the study are a book that contains stages of resolving conflicts with parents using the WDEP system in the perspective of reality therapy.

 

Keywords: Development, ADDIE model, Self-Help Book, Reality Therapy, Parents—Adolescents Conflict.

 

References

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72.
Allison, B. N. (2000). Parent-Adolescent Conflict in Early Adolescent: Research and Implications for Middle School Programs. Journal of Family and Consumer Sciences Education, 18(2), 1-6.
Bergsma, A. (2007). Do Self-Help Book Help? Springer, 9(1), 341–360.
Borg, W. R., & Gall, M. G. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science + Bussiness Media.
Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.
Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. United Stated of America: Brooks/Cole, Cengage Learning.
Deutsch, M., Coleman, P. T., & Marcus, E. C. (2016). Handbook Resolusi Konflik. Bandung: Nusamedia.
Fitzgerald, A. L. (2011). Reality Therapy for Marital and Family Systems Counseling. Counseling and Wellness: A Professional Counseling Journal , 2(1), 88-100.
Frydenberg, E. (2002). Adolescent Coping: Theoretical and Research Perspectives. New York: Routledge.
Frydenberg, E., & Lewis, R. (1991). Adolescent Coping: the Different Ways in which Boys and Girls Cope. Journal of Adolescent, 14(2), 119-133.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research An Introduction. United States of America: Pearson Education.
Gecas, V. (1982). The Self Concept. Annual Reviews, 8(1), 1-33.
Gunarsa, P. S. (2012). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Libri.
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana.
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lestari, S., & Asyanti, S. (2009). Area Konflik Remaja Awal Dengan Orang Tua: Studi Kuantitatif Pada Keluarga Di Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora.
Palmer, S. (2011). Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Razali, A. (2013). Child-Parent Conflict and its Impact on Adolescent Self-Development. Asian Journal of Humanities and Social Studies, 1(5), 345-353.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-12-31