Pengembangan Booklet Untuk Memperkenalkan Bentuk Coping Skills Dalam Menghadapi Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Peserta Didik SMA Negeri 81 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.072.05Keywords:
Model ADDIE, Booklet, Coping skills, KDRTAbstract
Peserta didik pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) rentan mengalami konflik dengan orang tua. Konflik yang terus menerus terjadi dapat menimbulkan KDRT di antara peserta didik dan orang tua. Peserta didik perlu memiliki suatu keterampilan untuk dapat menyelesaikan masalah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media booklet untuk memperkenalkan bentuk coping skills dalam menghadapi kekerasan dalam rumah tangga KDRT pada peserta didik SMA Negeri 81 Jakarta. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 81 Jakarta dengan menggunakan metode judgemental sampling atau purposive sampling. subjek penelitian kelas XII yang berjumlah 108 peserta didik. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan penyebaran angket kepada peserta didik. Hasil uji validasi ahli media persentase sebesar 98% (Sangat layak), uji validasi ahli konten pertama persentase sebesar 90% (Sangat layak) dan ahli konten kedua persentase sebesar 93% (Sangat layak). Hasil uji coba pada kelompok kecil persentase sebesar 93% (Sangat layak) pada penilaian media dan 83% (Sangat layak) pada ketercapaian tujuan intruksional. Booklet untuk memperkenalkan bentuk coping skills dalam menghadapi KDRT pada peserta didik SMAN 81 Jakarta dapat dinyatakan “Sangat Layak†Booklet terdiri dari dua bagian, Bagian I menjelaskan ruang lingkup KDRT dan coping skills. Bagian II menjelaskan penerapan coping skills dalam menghadapi KDRT.
Kata Kunci: Pengembangan, Model ADDIE, Booklet, Coping skills, KDRT
References
Amirullah. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Malang: Bayumedia Publishing.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.
Compas, B., Marcarne, V., & Fondacaro, K. (1988). Coping With Sressful in Older Children and Young Adolescents. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 54(3), 405-411.
Darity Jr, W. A. (2008). International Encyclopedia of the Social Sciences (Vol. 2nd). Detroit: Macmillan Reference USA.
Edwards, J. R., Caplan, R. D., & Harrison, R. V. (1998). Person-environment fit theory: conceptual foundations, empirical evidence, and direction for future research. In C. L. Cooper, Theories of organizational stress (pp. 28-67). Oxford: Oxford University Press.
Evans, K. M., & Larrabee, M. J. (2002). Teaching the multicultural counseling competencies and revised career counseling competencies simultaneously. Journal of Multicultural Counseling and Development, 21-39.
Gall, D. M., Gall, P. J., & Borg, R. W. (2003). Educational Research: An Introduction. Boston: Ablongman.
Gustafon, K. L., & Branch, R. M. (2002). Survey of instructional Development models. New York: ERIC Clearinghouse on Information and Technology.
Hadi, H., & Agustina, S. (2016, Juni). PEngembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Educatio, XI(1), 90-105.
Hanita, M., & dkk. (2016). Buku Panduan Hak-Hak Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jakarta: Pusat Pelayanan TerpaduPemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. New York: Springer Publishing Company.
Lestari, S., & Asyanti, S. (2009, Agustus). Area Konflik Remaja Awal Dengan Orang Tua: Studi Kuantitatif Pada Keluarga di Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 10(2), 130-137.
Lofquist, L. H., & Dawis, V. R. (1991). Essentials of person-environment-correspondence counseling. Minneapolis: University of Minnesota Press.
Marini, I., & Stebnicki, M. A. (2009). The professional counselor's desk reference. New York: Springer.
Michael Page. (2015). 2015 Employee Intentions Report Indonesia. Jakarta: Michael Page.
National Society for The Prevention of Cruelty to Children, N. (2009, April). Child Protection Fact Sheet The Definitions and Signs of Child Abuse. NSPCC Inform The Online Child Protection Resource, 1-7.
Osborn, D. S., & Baggerly, J. N. (2004). School counselors' perceptions of career counseling and career testing: preferences, priorities, and predictors. Journal of Career Development, 31(1), 45-59.
Randang, F. B. (2011). Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia dalam Menghadapi Persaigan dengan Tenaga Kerja Asing. Servanda, 66-73.
Rogers, M., & Creed, P. (2000). School-to-work transition: from theory to practice. Journal of Career Development, 9(3), 1-21.
Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development, Perkembangan Masa-Hidup (5 ed.). Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development, Perkembangan Masa-Hidup (13 ed.). Jakarta: Erlangga.
Satmoko, S., & Astuti, H. T. (2006). Pengaruh Bahasa Booklet pada Peningkatan Pengetahuan Peternak Sapi Perah Tentang Inseminasi Buatan di Kelurahan Nongkosawit, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Jurnal Penyuluhan, 2(2), 78-82.
Sugiyatno. (n.d). Standar Kompetensi Kemandirian (SKK). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yunisa, N. (n.d.). Undang-Undang R.I. No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Jakarta: Permata Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY