The Influence of Perceived Use of Gopay On Ease of Payment And Improvement of Security Quality In Student Transactions of Faculty of Economics, University of Jakarta
Use of GoPay among Jakarta State University students
Keywords:
perceived convenience, perceived security, interest in using gopay, transactionsAbstract
This study aims to look at the relationship between perceptions of GoPay use, ease of payment, security quality and transaction interest in students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta. This study involved FE UNJ students who used the GoPay service with 110 respondents selected using purposive sampling and data collected using a questionnaire via Google From. The research method used is quantitative method. To analyze the data results, researchers used the SmartPLS 4 application to determine the relationship between variables or hypotheses. The results of this study indicate a positive and significant relationship between variables or hypotheses, namely: perceived ease of use affects interest in using GoPay, perceived ease of use affects interest in using GoPay as a transaction tool, perceived use affects user interest as a transaction tool and perceived efficiency affects interest in using GoPay as a transaction tool.
References
Aggito Wilatikta. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEAMANAN, PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET (Gopay) DALAM BERTRANSAKSI.
Agustina, R., Gustiana, R., Budiman, M. R., & Nasional Banjarmasin, S. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN E-WALLET GO-PAY PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA. In Maret (Vol. 15, Issue 1).
Annisa Haibah Adhinagari. (2018). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP PERSEPSI PENGGUNAAN ELECTRONIC MONEY (Studi Kasus pada Warga Pengguna E-money di Kabupaten Sleman).
APRILLYA KARTIKA. (2018). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY (Studi Pada Pengguna Go-Pay Di Kota Malang).
Ardianto, K., & Azizah, N. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 13. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.511
DAMA AZIIZ PRAYOGO. (2022). PENGARUH KEMANFAATAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET GOPAY.
Diah Ihdini Amalia. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN APLIKASI GOPAY PADA MAHASISWA IAIN PONOROGO.
Erdian Santriwijaya. (2018). ANALISIS FAKTOR NONLINIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MINAT PENGGUNAAN GO-PAY (Studi kasus pada Mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya).
Farhatul Mahmuda, L., Setyaningrum, N., & Anggitani, R. (2023). Convenience, Benefits, Security, Trust, and Innovation: A Decision-Making Framework for the Gojek Application’s Gopay Feature During the COVID-19 Pandemic.
FAUZIAH NUR. (2023). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MANFAAT PENGGUNAAN DAN KEAMANAN DATA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA FEBI UIN AR-RANIRY BANDA ACEH MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL GOPAY SEBAGAI ALTERNATIF PELAYANAN JASA PERBANKAN.
Hapsoro Sahari, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-WALLET DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Generasi Z Di Kabupaten Sukoharjo).
Joan Tony Sitinjak, L. (2019). PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LAYANAN PEMBAYARAN DIGITAL GO-PAY.
Kartika Sukmawati, & Dionysia Kowanda. (2022). KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET GOPAY BERDASARKAN PENGARUH KEAMANAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT.
Khan Jebran, J., & Afzal Hossain, M. (2012). Consumer’s Perception on General Banking Activities of Commercial Banks: A Study in the Banking Context of Bangladesh. In European Journal of Business and Management www.iiste.org ISSN (Vol. 4, Issue 7). Online. www.iiste.org
Kotler, P., & Armstrong, G. (Gary M. ). (2021). Principles of marketing.
LUTFIA FARHATUL MAHMUDA. (2021). PENGARUH KEMUDAHAN, MANFAAT, KEAMANAN, KEPERCAYAAN, DAN INOVASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOJEK PADA FITUR GOPAY DI MASA PANDEMI COVID-19 ( Studi Pengguna GoPay di Kota Denpasar kabupaten Bali).
Notowijoyo, E., & Loisa, R. (2020). Analisis Komunikasi Pemasaran Go-Pay Melalui Promosi Cashback.
Novalianti, T. D., Saad, B., Faktor-Faktor, A., Persepsi…, Y. M., & Novalianti, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pengguna E-Payment (Studi Empiris Terhadap Pengguna Gopay Dan OVO Di DKI Jakarta Dan Depok).
Nurwijaya Kusuma, K. N., Purwinarti, T., & Mariam, I. (2021). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED SECURITY TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN GOPAY.
Pangestu, R., & Rio Rita, M. (2022). Penggunaan Payment Gateway “Go-Pay” Dan Kinerja UMKM: Studi Pada Coffee Shop Di Kota Salatiga (Vol. 12, Issue 1).
Pelupessy, A. G. (2019). PENGARUH FACILITATING CONDITIONS DAN SOCIAL INFLUENCES TERHADAP KONSTRUK TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA MAHASISWA KONSUMEN GOPAY DAN OVO DI JAKARTA.
Rahmawati, Y. D., Yuliana, R., Tinggi, S., Bank, I. E., & Jateng, B. (2020). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET PADA MAHASISWA STIE BANK BPD JATENG. https://www.liputan6.com
Ramadhan, A., & Safari Tamba, R. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan E-wallet Gopay di wilayah DKI Jakarta. In 134 JURNAL ABIWARA (Vol. 3, Issue 2). http://ojs.stiami.ac.id
Rizki Aprilia Dwi Susanti, D. F. P. I. (2021). KEMUDAHAN DAN KEMANFAATAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN E-MONEY OVO, GO-PAY, DAN DANA.
Saputra, M. R., & Riyadi, S. (2015). SISTEM INFORMASI POPULASI DAN HISTORIKAL UNIT ALAT-ALAT BERAT PADA PT. DAYA KOBELCO CONSTRUCTION MACHINERYINDONESIA.
Widyadari Xaveiryus, L. (2023). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEAMANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET GOPAY DI MADIUN.
Wulandari, F., & Basuki, A. (2018). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN, DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP MINAT PERILAKU PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (STUDI PADA PENGGUNA GO-PAY DI KOTA MALANG).