Business Model Canvas Fashion Busana Muslim Di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/JDMB.02.1.3Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa model bisnis dari bisnis pakaian muslim yang telah ada dengan menggunakan BMC dan mengetahui apakah bisnis pakaian muslim ini layak atau tidak untuk dijalankan dan dapat menghasilkan keuntungan. Terdapat beberapa bisnis model yang dapat dipilih, salah satunya yaitu dengan menggunakan Business Model Canvas. BMC adalah salah satu bisnis model yang cocok digunakan untuk menganalisa bisnis startup. Salah satu bisnis yang dapat dilirik adalah ekonomi kreatif yaitu dibidang industry fesyen. Dalam penelitian studi kelayakan bisnis ini terdapat empat aspek yang akan diteliti yaitu aspek pasar (industry/target market feasibility), aspek Produk/jasa (Product/service feasibility), aspek manajemen dan kepemilikan (Organizational feasibility), dan yang terakhir adalah aspek keuangan (financial feasibility). Hasil studi ini menunjukkan bahwa model bisnis pakaian muslim batik wanita menggunakan business model canvas ini layak untuk dijalankan dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang diinginkan.