EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C VOKASIONAL DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BHINA SWAKARYA KABUPATEN BANDUNG

(Aplikasi Evaluasi Program model Hammond)

Authors

  • angelia agustina angel agustina universitas negeri jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JEP.092.03

Keywords:

Paket C Vokasional, PKBM, Hammond model

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program paket C Vokasional. Yang difokuskan pada pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang berada di Bhina Swakarya Kabupaten Bandung. Kegiatan evaluasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk perbaikan dan penyempurnaan program tersebut dan masukan bagi penyelenggara program dalam membuat keputusan mengenai upaya-upaya peningkatan kualitas dan efektivitas program. Subyek penelitiannya adalah warga belajar, tutor, lembaga, keluarga, pengawas, dan administrator. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan program paket C Vokasional berjalan baik tetapi sarana dan prasarana (fasilitas) masih kurang. Dampak Program Paket C Vokasional di PKBM Bhina Swakarya Kabupaten Bandung pada pelaksanaan program voksaional komputer (TIK) berdampak baik sekali pada warga belajar.

Downloads

Published

2020-06-03

How to Cite

agustina, angelia agustina angel. (2020). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C VOKASIONAL DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BHINA SWAKARYA KABUPATEN BANDUNG: (Aplikasi Evaluasi Program model Hammond). Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(2), 118–125. https://doi.org/10.21009/JEP.092.03