EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI PADA PENDIDIKAN DASAR SEKOLAH SIF AL FIKRI DEPOK

Authors

  • Jajang Permana Jaya Universitas Islam 45

DOI:

https://doi.org/10.21009/JEP.092.05

Keywords:

Program Pendidikan Inklusi, evaluasi model Stake

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi program Program Pendidikan Inklusi Tahun Akademik 2016/2017. Evaluasi ini menerapkan model Robert E. Stake, meliputi: antecedents, transaction, dan outcomes. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Islam Fitrah AL Fikri Depok. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen yaitu: angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Antecedents: Secara umum kategori tinggi. Dari semua aspek yang dinilai ada pada kategori tinggi dan hanya satu aspek ada pada kategori sedang. Fasilitas utama dan pendukung kategori sangat memadai, dan evaluasi terhadap kondisi fisik sarana dan prasarana kategori sangat baik; (2) Transaction: Secara umum kategori tinggi. Berdasarkan hasil penilaian tersebut diperoleh skor rata-rata sebesar 66,77 (80,29%) termasuk ke dalam kategori tinggi, yaitu 53,33 < X; dan (3) Outcomes: hasil belajar siswa ABK di SIF AL-Fikri termasuk ke dalam kategori tinggi.

Downloads

Published

2020-06-03

How to Cite

Permana Jaya, J. (2020). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI PADA PENDIDIKAN DASAR SEKOLAH SIF AL FIKRI DEPOK. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(2), 97–106. https://doi.org/10.21009/JEP.092.05