EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN SEPAKBOLA PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN OLAHRAGA PELAJAR DAERAH (PPLPD) KABUPATEN BOGOR (APLIKASI EVALUASI MODEL CIPP)

  • Riono Basuki UNJ

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan mengetahui konteks, input, proses dan hasil pembinaan sepakbola Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah Kabupaten Bogor. EvaluasiĀ  program pembinaan sepakbola Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah Kabupaten Bogor, dilakukan untuk mendapatkan informasi atau data yang lengkap dan komprehensif dalam usahanya untuk melakukan pembinaan di usia pelajar yang dilakukan secara terarah dan sistematis dalam meningkatkan prestasi sepakbola di Kabupaten Bogor baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional..Metodologi yang digunakan adalah pendekatan penelitian deskriptif melalui model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Subjek penelitian adalah Kepala UPT PPOP, Direktur teknik PPLPD, Pelatih dan atlet sepakbola PPLPD Kabupaten Bogor. Hasil penelitian ini akan dilihat dari empat aspek, meliputi : 1) context, terkait landasan hukum serta tujuan telah memenuhi kriteria evaluasi, 2) input, terkait seleksi dan penerimaan atlet dikategorikan baik dengan 84 %, untuk seleksi dan kualifikasi pelatih memenuhi kriteria evaluasi sedangkan untuk sarana dan prasarana dengan dengan skor sebesar 62,9 %, dengan rincian 65,1 % sarana dan prasarana asrama dan 60,8 % sarana prasarana latihan dengan kategori cukup baik, sedangkan pembiayaan telah memenuhi kriteria evaluasi, 3) process, terkait untuk program latihan 79 % dikategorikan baik, kompetisi dan try-out kurang relevan dengan 52,7 % dikategorikan kurang baik, dengan rincian 52 % pelaksanaan try-out dengan kategori kurang baik dan 53,1 % pelaksanaan kompetisi dengan kategori cukup baik dan tes dan pengukuran dengan 79, 3 % dikategorikan baik, 4) product, terkait hasil prestasi atlet dengan skor 53 % dikategorikan kurang baik.

Published
2020-06-03
How to Cite
Basuki, R. (2020). EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN SEPAKBOLA PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN OLAHRAGA PELAJAR DAERAH (PPLPD) KABUPATEN BOGOR (APLIKASI EVALUASI MODEL CIPP). Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(2), 112-117. https://doi.org/10.21009/JEP.092.02