Evaluasi Program Pengawasan Sekolah Di Kabupaten Malawi Provinsi Kalimantan Barat
DOI:
https://doi.org/10.21009/JEP.0101.03Keywords:
Program Pengawasan, Goal Oriented,, Pengawas SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dari empat komponen kegiatan pengawas sekolah yang terdiri dari: (1) penyusunan program pengawasan, (2) pelaksanaan program pengawasan, (3) evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan (4) laporan akhir hasil pengawasan, ditambah kualitas kinerja kepala sekolah dan guru SMA berdasarkan hasil PKKS dan PKG yang dilakukan oleh pengawas sekolah. Penelitian deskriptif evaluatif ini menggunakan model Goal Oriented Approach, dilaksanakan dari bulan Februari sampai April 2017, dengan responden 2 orang pengawas, 23 kepala sekolah, dan 300 guru SMA di Kabupaten Melawi. Instrumen yang digunakan ialah kuesioner, studi dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penyusunan program memperoleh skor 84% (sering), kelengkapan dokumen bernilai 83 (baik); (2) pelaksanaan program memperoleh skor 79% (sering) versi pengawas, 75% (sering) versi kepala sekolah, dan 73% (sering) versi guru, kelengkapan dokumen bernilai 80 (baik); (3) evaluasi hasil pelaksanaan program memperoleh skor 82% (sering), kelengkapan dokumen bernilai 75 (cukup); (4) laporan akhir memperoleh skor 82% (sering), kelengkapan dokumen bernilai 88 (baik). Untuk kepala sekolah: 4% berkinerja sangat baik, 83% berkinerja baik, dan 13% berkinerja cukup. Untuk guru: 3% berkinerja sangat baik, 71% berkinerja baik, 19% berkinerja cukup, dan 6% berkinerja kurang. Dengan demikian, pengawas SMA di kabupaten Melawi telah melaksanakan tugasnya dengan baik walaupun pada beberapa aspek masih perlu pembenahan dan peningkatan.