EVALUASI PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SMA KABUPATEN SINTANG KALIMANTAN BARAT (Penerapan Evaluasi Model Countenance Stake)

  • Sumardi Vincent SMAN 1 Tanah Pinoh
Keywords: Evaluasi Program, Model Stake, Supervisi Akademik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program supervisi akademik SMA di Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan model evaluasi Countenance Stake. Yang difokuskan pada penyusunan program supervisi akademik, pelaksanaan program supervisi akademik; dan hasil pelaksanaan program supervisi akademik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara dan observasi. Kesimpulannya adalah: (1) Penyusunan program supervisi akademik dikategorikan sering (81%), ditemukan bahwa penyusunan program supervisi akademik sudah sesuai dengan Undang-Udang, Peraturan pemerintah, Peraturan menteri pendidikan, buku kerja pengawas danĀ  pedoman kerja pengawas, (2) Pelaksanaan program supervisi akademik dikategorikan jarang (62%), ditemukan tidaksesuaian antara intens dengan standar pelaksanaan pengawasan. (3) hasil program supervisi akademik belum memenuhi kelengkapan kriteria dengan akatualitas ketercapaian cukup (65%) dan (4) Ada kontingensi antara membuat penyusunan program, pelaksanaan dan hasil pelaksanaan program.

Published
2020-06-03
How to Cite
Vincent, S. (2020). EVALUASI PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SMA KABUPATEN SINTANG KALIMANTAN BARAT (Penerapan Evaluasi Model Countenance Stake). Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(1), 1-12. https://doi.org/10.21009/JEP.0101.01