HASIL BELAJAR MATEMATIKA: STRATEGI METAKOGNITF DAN KEYAKINAN TENTANG MATEMATIKA

Authors

  • unj

DOI:

https://doi.org/10.21009/JEP.0101.04

Keywords:

Strategi Metakognitif, Keyakinan tentang Matematika, Hasil Belajar Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi metakognitif dan keyakinan tentang matematika terhadap hasil belajar matematika. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YPI Way Jepara. Variabel terikat berupa hasil belajar matematika, dan variable bebas terdiri strategi metakognitif dibedakan menjadi strategi metakognitif pemecahan masalah dan strategi metakognitif mengulang, serta keyakinan tentang matematika dibedakan menjadi keyakinan tentang matematika kategori positif dan keyakinan tentang matematika kategori negatif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dan angket keyakinan tentang matematika. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang memiliki keyakinan tentang matematika positif lebih efektif jika menggunakan strategi metakognitif pemecahan masalah, dan hasil belajar matematika siswa yang memiliki keyakinan tentang matematika negative lebih efektif jika menggunakan strategi metakognitif mengulang.

Downloads

Published

2020-06-03

How to Cite

iskandar. (2020). HASIL BELAJAR MATEMATIKA: STRATEGI METAKOGNITF DAN KEYAKINAN TENTANG MATEMATIKA. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(1), 32–37. https://doi.org/10.21009/JEP.0101.04