Pengaruh Pembelajaran Model Treffinger dan Torrance Test of Creative Thinking Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Belajar Biologi

Authors

  • PEP UNJ

DOI:

https://doi.org/10.21009/JEP.0102.01

Keywords:

Pembelajaran Model Treffinger, Torrance Test of Creative Thinking, Berpikir Kritis.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger dan Torrance Test of Creative Thinking (TTCT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimental dengan menggunakan rancangan faktorial yang melibatkan 120 siswa SMAN 4 dan SMAN 8 Malinau sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran model Treffinger lebih tinggi daripada yang mengikuti model konvensional, kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran model Treffinger memperoleh nilai rata-rata 70,917 sedangkan  model konvensional sebanyak 64,383  (2) Kemampuan berpikir kritis siswa yang diberi TTCT lebih tinggi daripada yang diberikan penilaian Konvensional, kelompok siswa yang diberi penilaian TTCT memperoleh nilai rata-rata 72,433 sedangkan penilaian konvensional sebanyak 62,867 (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan model penilaian terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (4) Pada kelompok siswa yang diberikan TTCT, kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran model Treffinger lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan model Konvensional, kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran model Treffinger memperoleh nilai rata-rata 76,90 sedangkan  model konvensional sebanyak 67,967 (5) Pada kelompok siswa yang diberikan penilaian Konvensional, kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran model  Treffinger tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang mendapatkan model Konvensional, (6) Pada kelompok siswa yang diberikan  model pembelajaran Treffinger, kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan TTCT lebih tinggi daripada yang mendapatkan penilaian Konvensional, kelompok siswa yang diberikan penilaian TTCT memperoleh nilai rata-rata 76,90 sedangkan  model konvensional sebanyak 64,933 (7) Pada kelompok siswa yang diberikan mbelajaran model Konvensional, kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan TTCT  lebih tinggi daripada yang penilaian Konvensional, kelompok siswa yang mengikuti diberi penilaian TTCT memperoleh nilai rata-rata 67,967 sedangkan  model konvensional sebanyak 60,80.

Kata kunci: , Pembelajaran Model Treffinger, Torrance Test of Creative Thinking, Berpikir Kritis.

Downloads

Published

2020-06-03

How to Cite

Radiah Radiah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Model Treffinger dan Torrance Test of Creative Thinking Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Belajar Biologi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(2), 47–55. https://doi.org/10.21009/JEP.0102.01