PENGARUH KETERSEDIAAN INFORMASI, KETEPATAN MEDIA DAN AKSESIBILITAS INFORMASI TERHADAP PARTISIPASI ORANG TUA PESERTA DIDIK DI SDN WILAYAH JAKARTA TIMUR

Authors

  • Rahmatiah Rahmatiah Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Nurhattati Nurhattati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jep.v13i1.27763

Keywords:

peserta didik, Sekolah, Partisipasi Orang Tua

Abstract

Diskursus mengenai ketersediaan informasi, ketepatan media dan aksesibilitas informasi memiliki peran penting terhadap partisipasi orang tua peserta didik di sekolah. Namun, partisipasi masyarakat (stakeholders) selama ini lebih berupa dana dan sarana, dan cenderung kurang terlibat dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan, monitoring, maupun evaluasi program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dengan teknik analisis jalur (Path Analysis). Variabel pada analisis jalur terdiri dari variabel eksogen dan endogen. Pada penelitian ini variabel eksogen terdiri dari Ketersediaan Informasi (X1), Ketepatan media informasi (X2), dan Aksesibilitas Informasi (X3). Variabel endogen adalah Partisipasi (Y). Keempat variabel tersebut diduga saling berpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan seberapa besar pengaruh pada variabel-variable tersebut. Hasil studi ini menunjukkan Tidak terdapat pengaruh langsung antara ketersediaan informasi, ketepatan penggunaan media informasi sekolah, dan aksesibilitas informasi terhadap partisipasi orang tua.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Rahmatiah, R., & Nurhattati, N. (2022). PENGARUH KETERSEDIAAN INFORMASI, KETEPATAN MEDIA DAN AKSESIBILITAS INFORMASI TERHADAP PARTISIPASI ORANG TUA PESERTA DIDIK DI SDN WILAYAH JAKARTA TIMUR. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), 68–79. https://doi.org/10.21009/jep.v13i1.27763