EVALUASI PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI DI SMAN 4 PANDEGLANG
DOI:
https://doi.org/10.21009/JEP.0102.04Keywords:
Evaluasi Program, CIPPO, AdiwiyataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara komprehensif tentang pelaksanaan program adiwiyata mandiri di SMAN 4 Pandeglang. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model CIPP. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang di padukan dengan pendekatan kuantitatif. Komponen- Komponen yang menjadi focus penelitian ini yaitu context, terdiri dari: (1) kebijakan pemerintah mengenai penyelenggaraan, yaitu tujuan, dan sasaran pelaksanaan program, (2) input, terdiri dari kesiapan sumber daya sekolah adiwiyata yaitu guru dan kurikulum, (3) process, terdiri dari pelaksanaan program pendidikan, aktifitas pelaksanaan proses pembelajaran dan pembiasaan pada adiwiyata, (4) product, terdiri dari peningkatan kualitas pengelolaan dan pemanfaatan sarana prasarana yang ramah lingkungan, dan perubahan sikap selama mengikuti pembelajaran di sekolah adiwiyata, dan (5) Outcome, yaitu berupa dampak yang terjadi setelah diberlakukannya program adiwiyata di SMAN 4 pandeglang. Langkah-langkah penelitian diawali dengan membuat kriteria evaluasi, tahap selanjutnya membuat instrument penelitian, membuat kisi-kisi instrument, pengumpulan data, analisis data dan kesimpulan. Uji Validitas instrumen menggunakan validasi pakar, dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompnen Context berada pada kriteri sangat baik dengan angka evaluasi 100%, komponen input 100% sangat baik, komponen process 100 % sangat baik, komponen product 75 % cukup baik, dan komponen outcome 80,92 % baik.