EVALUASI PROGRAM PENYELENGGARAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) PADA SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN DI KABUPATEN SERANG
DOI:
https://doi.org/10.21009/JEP.0102.03Keywords:
Evaluasi Program, Praktik Kerja Lapangan, Akomodasi Perhotelan, CIPPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara komprehensif tentang pelaksanaan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa akomodasi perhotelan di kabupaten Serang. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model CIPP. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang di padukan dengan pendekatan kuantitatif. Komponen- Komponen yang menjadi fokus penelitian ini yaitu context, terdiri dari: (1) Landasan dan tujuan program, Kelayakan Sekolah, Kelayakan Dunia Usaha dan Industri (DU/DI), Kebutuhan Program (2) input, terdiri dari kesiapan peserta didik, Guru/tenaga pendidik, Kurikulum , Sarana dan prasarana, (3) process, terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan Penilaian Praktik Kerja Lapangan (4) product, terdiri dari Hasil uji kompetensi Peserta Praktik Kerja Lapangan. Langkah-langkah penelitian diawali dengan membuat kriteria evaluasi, tahap selanjutnya membuat instrument penelitian, membuat kisi-kisi instrumen, pengumpulan data, analisis data dan kesimpulan. Uji Validitas instrumen menggunakan validasi pakar, dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket.
Hasil penelitian menunjukan bahwa komponen Context berada pada kriteri tinggi, komponen input cukup baik, komponen process cukup baik, komponen produk baik.