EVALUASI PROGRAM E-LEARNING BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM (KMS) DI ST JOSEPH INTERNATIONAL PRIMARY SCHOOL JAKARTA (EVALUASI PROGRAM DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI MODEL HAMMOND)

  • APRILIANA APRILIANA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Kata Kunci: Evaluasi Program, E-Learning, Knowledge Management System, Modifikasi Model Hammond, ICT, Teknologi

Abstrak

Penelitian evaluasi program ini dilakukan untuk mengukur efektivitas pelaksanaan program e-learning di SDS ST. Joseph School Jakarta dengan menggunakan modifikasi model Hammond. Tujuan penerapan e-learning di SDS ST. Joseph School Jakarta yaitu terjadinya peningkatan persepsi positif siswa terhadap pembelajaran, peningkatan pemahaman siswa akan materi pembelajaran, dan kepuasan siswa serta orang tua terhadap penggunaan program. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data kuantitatif dianalis dengan menggunakan stastistik deskriptif untuk mendapatkan rata-rata dan persentase dari angket yang disebar. Metode kualitatif digunakan agar diperoleh gambaran detail tentang pelaksanaan program terkait keberhasilan dan hambatan-hambatan yang dialami selama pelaksanaan Program E-Learning Berbasis Knowledge Management System di SDS ST. Joseph School Jakarta. Penelitian evaluasi program ini menggunakan model Hammond yang dimodifikasi, dengan menambahkan dimensi teknologi ke dalam tiga dimensi yang telah ada. Sehingga ada empat komponen yang dievaluasi yaitu (1) Instruction Dimension, (2) Institusional Dimension, (3) Behavior Dimension dan (4) Technology Dimension. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara keseluruhan dimensi yang dievaluasi telah sesuai dengan kriteria evaluasi yang telah ditetapkan. Sehingga rekomendasi yang diberikan terhadap pemegang kepentingan yaitu program E-Learning Berbasis Knowledge Management System di SDS ST. Joseph School Jakarta tetap dilanjutkan dengan melakukan perbaikan/penyempurnaan.

Diterbitkan
2020-06-03