Program Evaluation EVALUASI IMPLEMENTASI PENILAIAN PENDIDIKAN OLEH PENDIDIK PADA PEMBELAJARAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMKN 1 NEGERIKATON - LAMPUNG
EVALUASI IMPLEMENTASI PENILAIAN PENDIDIKAN OLEH PENDIDIK PADA PEMBELAJARAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMKN 1 NEGERIKATON - LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.21009/JEP.0102.05Keywords:
Evaluasi Program, Discrepancy Evaluation Model (DEM), Penilaian Pendidikan, PendidikAbstract
Tujuan penelitian evaluasi ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan implementasi terhadap standar penilaian yang dilakukan oleh pendidik pada mata pelajaran produktif Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN 1 Negerikaton Propinsi Lampung dengan menggunakan Model Discrepancy Evaluation Model (DEM). Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi dokumen dan angket. Penelitian ini difokuskan terhadap penilaian yang dilakukan oleh pendidik yang komponen prinsip-prinsip penelitian, bentuk-bentuk penilaian, mekanisme penilaian, prosedur penilaian dan instrumen penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk komponen prinsip-prinsip penilaian menghasilkan persentase sebesar 65.5% dengan kategori sedang/moderat, untuk bentuk-bentuk penilaian sebesar 62% dengan kategori sedang/moderat, sedangkan untuk mekanisme penilaian sebesar 54.3% dengan kategori sedang/moderat, untuk prosedur penilaian sebesar 42.4% dengan kategori kurang/rendah, dan untuk instrumen penilain sebesar 49.3% dengan kategori sedang/moderat. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa untuk implementasi standar penilaian pendidikan oleh pendidik berada pada kategori sedang/moderat dengan persentase sebesar 54.7%. Hasil ini belum memenuhi standar program yang mengharuskan 75%. Hal ini tentunya mengharuskan sekolah untuk memberikan diklat atau pelatihan terhadap pendidik terutama tentang penilaian.