IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PROFESIONAL KEPENDIDIKAN (P3K) DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DASAR MENGEVALUASI MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21009/jep.v14i1.39778Keywords:
P3k,universitas pendidikan indonesia, evaluasi, calon guruAbstract
Program Penguatan Profesional Kependidikan (P3K) diluncurkan pada Semester Genap 2022/2023 dan baru berjalan selama satu tahun oleh Universitas Pendidikan Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui Keterampilan Mengevaluasi Mahasiswa, Penelitian ini Menggunakan Pendekatan Metode Campuran Penelitian ini merupakan upaya untuk mengembangkan penelitian dengan menggabungkan dua paradigma penelitian sebelumnya, yaitu kualitatif dan kuantitatif. , yang juga dikenal dengan istilah mixed methods. Responden riset berjumlah 10 orang, terdiri dari 3 orang DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), 2 Guru Pamong di SD dan 5 Mahasiswa P3K angkatan 2022. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara terkait keterampilan dasar evaluasi mahasiswa calon guru SD melalui kegiatan P3K. instrument ini merupakan instrument terstandar yang telah disusun oleh sekertariat jenderal kementrian Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. Adapun pertanyaan wawancara terdiri 21 pertanyaan untuk mahasiswa dan 12 pertanyaan untuk guru pamong dan dosen pembimbing lapangan.Hasil Penelitian ini diketahui bahwa dapat dengan adanya program P3k yang telah terlaksana tersebut dinyatakan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan dapat mengetahui berapa lama proses pembelajaran akan berlangsung. kemudian selanjutnya itu evaluasi yaitu dengan terlaksananya program P3K yang dilakukan oleh mahasiswa dapat dikatakan telah mencapai tujuannya karena telah mencapai program P3K dengan menjadi seorang pendidik yang dilatih menjadi seorang guru sungguhan sehingga dapat meningkatkan soft skill dan hard skill mahasiswa dan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berarti dan bermanfaat,