Analisis Literasi Membaca Siswa Kelas V SDN Pasir Muncang dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • shinta maryani Universitas Pendidikan Indonesia
  • azra alayda damayanti mardjoko
  • gian purwanto
  • muhamad ari pamugkas
  • hanifah
  • fitri alfarisa

DOI:

https://doi.org/10.21009/jep.v15i1.46061

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh rasa percaya diri terhadap kemampuan literasi membaca siswa SD Negeri 1 Pasir Muncang dengan menggunakan metode kuantitatif. Literasi membaca mencakup kemampuan memahami, menafsirkan, dan memprediksi makna teks, serta membangun pemahaman kritis dan kreatif. Keterampilan ini penting untuk perkembangan kognitif dan penerapan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Kepercayaan diri yang mencakup keyakinan akan kemampuan diri untuk berhasil, berperan penting dalam meningkatkan keterampilan literasi. Siswa yang percaya diri cenderung lebih optimis, berani mencoba hal baru dan mempunyai daya juang yang tinggi. Faktor-faktor seperti konsep diri, harga diri, pengalaman dan pendidikan mempengaruhi kepercayaan diri ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana rasa percaya diri mempengaruhi kemampuan literasi membaca siswa dan bagaimana pendidikan dapat disesuaikan untuk mendukung pengembangan rasa percaya diri mereka. Harapannya, hasil penelitian ini dapat membantu siswa mengoptimalkan potensinya dan lebih mudah berinteraksi serta belajar dalam berbagai konteks.

Published

2024-08-01

How to Cite

shinta maryani, azra alayda damayanti mardjoko, gian purwanto, muhamad ari pamugkas, hanifah, & fitri alfarisa. (2024). Analisis Literasi Membaca Siswa Kelas V SDN Pasir Muncang dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.21009/jep.v15i1.46061