Evaluasi Program Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal di SMK Negeri 1 Pengasih

Authors

  • Devantri Lismada Wulan Kirani Suhardi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Eka Ary Wibawa Universitas Negeri Yogyakarta
  • Noor Hidayati SMK Negeri 1 Pengasih

DOI:

https://doi.org/10.21009/jep.v15i2.49271

Keywords:

Proyek, P5, Evaluasi Program, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis evaluasi program proyek penguatan profil pelajar pancasila yang mencakup dalam penentuan tema, implementasi, serta evaluasi program kegiatan di SMK Negeri 1 Pengasih yang berbasis kearifan lokal dengan Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik menelaah, memvisualisasikan kejadian, serta merangkum proses kejadian dari data yang terkumpul melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah staf, guru, siswa SMK Negeri 1 Pengasih kelas X dan XI SMK Negeri 1 Pengasih.  Data hasil penelitian diolah dengan tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan simpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) membentuk tim fasilitator, 2) tema kearifan lokal yang telah ditentukan ini didapatkan berdasarkan kesepakatan yang telah disetujui bersama dengan melakukan rapat 3) adapun terdapat tahapan dalam implementasi kegiatan P5 ini, di antaranya yaitu: a) tahap pengenalan, b) tahap kontekstual, c) tahap aksi, serta d) tahap refleksi dan tindak lanjut, 4) Implementasi evaluasi dapat dilakukan secara menyeluruh dan berfokus pada proses selama kegiatan program berlangsung,.  Serta terdapat faktor penghambat dalam implementasi P5 di SMK Negeri 1 Pengasih, yaitu: kurangnya pemahaman guru terkait program P5, kurangnya arahan dari fasilitator, karakteristik peserta didik yang berbeda

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Suhardi, D. L. W. K., Wibawa, E. A., & Hidayati, N. (2024). Evaluasi Program Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal di SMK Negeri 1 Pengasih. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 15(2), 76 – 87. https://doi.org/10.21009/jep.v15i2.49271