Analisis Instrumen Tes Kognitif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Authors

  • Firda Zakkiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Rama Armedi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Indah Aminatuz Zuhriyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang

DOI:

https://doi.org/10.21009/jep.v15i2.50143

Keywords:

Instrumen Tes Kognitif, Higler Order Thinking Skill, Multiple Choice Item, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tulisan ini memaparkan hasil riset tentang pengembangan instrumen penilaian kognitif berbasis Higler Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Fokus risetnya adalah pemetaan kemampuan guru PAI SD dalam menyusun instrumen penilaian kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif-deskriptif dan analisis dokumen berupa instrumen tes PAI berbentuk pilihan ganda, analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa presentase. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebagian besar paket soal objektif berbentuk Multiple Choice Item (MCI) mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD terbilang sudah baik dalam sebagian besar indikator pada setiap aspeknya. Hanya saja kelemahan yang terlihat yaitu pada aspek kesesuaian item soal pada aspek bahasa kriteria pertama yang rata-ratanya hanya mencapai 75%. Disamping itu, kelemahannya ada pada pengukuran proses kognitif level penalaran C4, C5, dan C6 yang hanya ada dipaket B5 saja, dan mencapai rata-rata 3% berdasarkan analisis yang sudah dilakukan.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Zakkiyah, F., Armedi, R., & Zuhriyah, I. A. (2024). Analisis Instrumen Tes Kognitif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 15(2), 63–75. https://doi.org/10.21009/jep.v15i2.50143