PRAKTEK KOMUNITAS PEMBELAJARAN PROFESIONAL: APA KITA SIAP?

Authors

  • Mohd Aizat Abu Hassan Universiti Pendidikan Sultan Idris

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmp.v11i1.10991

Keywords:

komunitas pembelajaran profesional, Rencana Pengembangan Pendidikan Malaysia, transformasi pendidikan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengidentifikasi praktek komunitas pembelajaran profesional (KPP) di antara para guru di Malaysia. Responden penelitian terdiri dari 384 guru sekolah yang dipilih secara acak. Untuk melakukan penelitian, kuesioner dihasilkan oleh adaptasi artikel Kruse, Louis dan Bryk (1994). Secara keseluruhan, komunitas pembelajaran profesional di antara para guru di Malaysia masih berada pada tingkat sedang. SPSS digunakan untuk menganalisis data deskriptif yaitu profil responden, dan data temuan, rata-rata, standar deviasi, persen. Analisis deskriptif yang melibatkan min dan standar deviasi dilakukan untuk menafsirkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat implementasi KPP di Malaysia.Temuan ini akan membantu pihak terkait untuk menemukan solusi guna membantu meningkatkan praktek komunitas pembelajaran profesional di kalangan guru di Malaysia.

Downloads

Published

2021-10-30