STRATEGI PENGELOLAAN PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH DI MA NEGERI
DOI:
https://doi.org/10.21009/jmp.v14i1.28646Keywords:
Strategi Pengelolaan, Program Unggulan, MA Negeri 1 NgawiAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan terkait strategi pengelolaan program unggulan sekolah di MA Negeri 1 Kabupaten Ngawi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya bahwa program unggulan sekolah terdiri dari 2 jenis, yaitu akademik dan non akademik; (2) Landasan penetapan penyelenggaraan program unggulan sekolah dilatarbelakangi oleh aspek pencapaian tujuan lembaga, sosial ekonomi, persaingan antar lembaga, kondisi budaya, serta kebutuhan pembelajaran dan pengembangan siswa; (3) Pada tahap perencanaan program unggulan dilakukan analisis situasi meliputi sosial ekonomi siswa, sarana dan prasarana, kompetensi guru, peluang, tantangan, serta target; (4) Strategi pengorganisasian program unggulan yaitu membentuk struktur organisasi dan tim akademik, membagi tugas dan tanggung jawab tiap anggota; (5) Strategi pelaksanaan program unggulan sekolah yaitu memotivasi, melakukan kerja sama tim, komunikasi yang efektif, serta membangun sinergi antar anggota dengan menerapkan penilaian integritas untuk menjaga kualitas kinerja para anggota; (6) Strategi pengawasan program unggulan sekolah yaitu melaksanakan supervisi internal, mengawasi dan melakukan penilaian kegiatan, mengadakan rapat evaluasi, menetapkan target dan capaian, serta menetapkan indikator keberhasilan program; Dan (7) faktor penghambat dan solusi dalam pengelolaan program unggulan sekolah yaitu kurangnya sumber dana dan sarana prasarana, pandemi COVID-19, serta banyaknya kegiatan dan beban tugas guru. Solusi yang dilakukan yaitu mengajukan permohonan dana, mengatur jadwal penggunaan sarana dan prasarana, memanfaatkan sumber belajar digital, mengatur jadwal pertemuan pembelajaran tatap muka terbatas, serta pemberian memotivasi kepada guru terkait manajemen waktu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Manajemen Pendidikan allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.
Jurnal Manajemen Pendidikan has CC-BY NC SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Manajemen Pendidikan recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY NC SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Manajemen Pendidikan site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Manajemen Pendidikan is Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.