STRATEGI PENGELOLAAN PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH DI MA NEGERI

Authors

  • Aprilia Dewi Astuti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmp.v14i1.28646

Keywords:

Strategi Pengelolaan, Program Unggulan, MA Negeri 1 Ngawi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan terkait strategi pengelolaan program unggulan sekolah di MA Negeri 1 Kabupaten Ngawi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya bahwa program unggulan sekolah terdiri dari 2 jenis, yaitu akademik dan non akademik; (2) Landasan penetapan penyelenggaraan program unggulan sekolah dilatarbelakangi oleh aspek pencapaian tujuan lembaga, sosial ekonomi, persaingan antar lembaga, kondisi budaya, serta kebutuhan pembelajaran dan pengembangan siswa; (3) Pada tahap perencanaan program unggulan dilakukan analisis situasi meliputi sosial ekonomi siswa, sarana dan prasarana, kompetensi guru, peluang, tantangan, serta target; (4) Strategi pengorganisasian program unggulan yaitu membentuk struktur organisasi dan tim akademik, membagi tugas dan tanggung jawab tiap anggota; (5) Strategi pelaksanaan program unggulan sekolah yaitu memotivasi, melakukan kerja sama tim, komunikasi yang efektif, serta membangun sinergi antar anggota dengan menerapkan penilaian integritas untuk menjaga kualitas kinerja para anggota; (6) Strategi pengawasan program unggulan sekolah yaitu melaksanakan supervisi internal, mengawasi dan melakukan penilaian kegiatan, mengadakan rapat evaluasi, menetapkan target dan capaian, serta menetapkan indikator keberhasilan program; Dan (7) faktor penghambat dan solusi dalam pengelolaan program unggulan sekolah yaitu kurangnya sumber dana dan sarana prasarana, pandemi COVID-19, serta banyaknya kegiatan dan beban tugas guru. Solusi yang dilakukan yaitu mengajukan permohonan dana, mengatur jadwal penggunaan sarana dan prasarana, memanfaatkan sumber belajar digital, mengatur jadwal pertemuan pembelajaran tatap muka terbatas, serta pemberian memotivasi kepada guru terkait manajemen waktu.

Downloads

Published

2023-06-12