PERAN PEMIMPIN DAN PENERAPAN MANAJEMEN PERUBAHAN DI BIDANG ORGANISASI PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH BERPRESTASI

Authors

  • Teguh Triwiyanto Universitas Negeri Malang
  • Rika Ayu Zulaikah Waluyo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmp.v14i1.31606

Keywords:

pemimpin, manajemen perubahan, organisasi pendidikan

Abstract

Dalam melaksanakan tugas sebagai pemimpin pendidikan tentu harus memiliki keterampilan maupun kemampuan yang kompeten untuk menjalankan organisasi secara dinamis. Hal tersebut utamanya ketika ada perubahan dalam suatu lingkungan organisasi yang secara langsung atau tidak langsung dapat mempengaruhi organisasi itu sendiri. Pemimpin pendidikan tentunya perlu mencapai prestasi sekolah yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang peran pemimpin dan penerapan manajemen perubahan di bidang organisasi pendidikan. Selain itu, untuk mengkaji pelaksanaan prestasi sekolah yang dapat dicapai. Penelitian ini menggunakan metode literatur. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa peran pemimpin dalam manajemen perubahan, yaitu membangun hubungan kerja yang efektif, migrasi fungsi manajer (pergeseran), pemimpin dengan memberi contoh, mengembangkan kerja tim, libatkan bawahan dalam pengambilan keputusan, jadikan pemberdayaan karyawan sebagai cara hidup, membangun keterlibatan. Berkaitan dengan prestasi sekolah, ada tiga variabel kunci dalam mengembangkan strategi prestasi/pencapaian tujuan organisasi, yaitu sumber daya yang dimiliki, bisa yang terlibat (industri), dan penciptaan struktur organisasi.

Downloads

Published

2023-06-12