PERAN PEMIMPIN DAN PENERAPAN MANAJEMEN PERUBAHAN DI BIDANG ORGANISASI PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH BERPRESTASI
DOI:
https://doi.org/10.21009/jmp.v14i1.31606Keywords:
pemimpin, manajemen perubahan, organisasi pendidikanAbstract
Dalam melaksanakan tugas sebagai pemimpin pendidikan tentu harus memiliki keterampilan maupun kemampuan yang kompeten untuk menjalankan organisasi secara dinamis. Hal tersebut utamanya ketika ada perubahan dalam suatu lingkungan organisasi yang secara langsung atau tidak langsung dapat mempengaruhi organisasi itu sendiri. Pemimpin pendidikan tentunya perlu mencapai prestasi sekolah yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang peran pemimpin dan penerapan manajemen perubahan di bidang organisasi pendidikan. Selain itu, untuk mengkaji pelaksanaan prestasi sekolah yang dapat dicapai. Penelitian ini menggunakan metode literatur. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa peran pemimpin dalam manajemen perubahan, yaitu membangun hubungan kerja yang efektif, migrasi fungsi manajer (pergeseran), pemimpin dengan memberi contoh, mengembangkan kerja tim, libatkan bawahan dalam pengambilan keputusan, jadikan pemberdayaan karyawan sebagai cara hidup, membangun keterlibatan. Berkaitan dengan prestasi sekolah, ada tiga variabel kunci dalam mengembangkan strategi prestasi/pencapaian tujuan organisasi, yaitu sumber daya yang dimiliki, bisa yang terlibat (industri), dan penciptaan struktur organisasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Manajemen Pendidikan allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.
Jurnal Manajemen Pendidikan has CC-BY NC SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Manajemen Pendidikan recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY NC SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Manajemen Pendidikan site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Manajemen Pendidikan is Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.