PERENCANAAN STRATEGI PENDIDIKAN DALAM BUDAYA ORGANISASI DI MTs. TARBIYATUS SA’ADAH

Authors

  • Mohammad Afif Choironi UIN Maulana Malik Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmp.v14i1.32522

Keywords:

Perencanaan Strategis, Budaya Organisasi, Pendidikan

Abstract

Dalam Pendidikan, analisis lingkungan internal dan eksternal merupakan langkah utama dalam penyusunan perencanaan strategis. Secara umum, perencanaan strategis terdiri dari tiga langkah: perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Perumusan strategi meliputi pengembangan visi dan misi, mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal bagi organisasi, menentukan kekuatan dan kelemahan internal organisasi, menetapkan tujuan jangka panjang, merumuskan strategi alternatif, dan memilih strategi khusus untuk diterapkan. Suasana dan lingkungan merupakan komponen penting dalam perumusan tujuan organisasi, sehingga perbaikan organisasi memerlukan semua informasi yang relevan untuk mencapai mutu pendidikan. Dengan budaya organisasi yang baik, organisasi akan berkembang jauh dibandingkan dengan organisasi dengan budaya yang lemah. Analisis lingkungan internal dan eksternal yang mengintegrasikan budaya dan tugas pokok organisasi ini memerlukan proses pembelajaran yang mencakup pengembangan kemampuan dalam transformasi dan transformasi budaya di lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan feomenologi. Lokasi penelitian di MTs. Tarbiyatus Sa’adah Gresik.

Downloads

Published

2023-06-12