PERENCANAAN STRATEGI PENDIDIKAN DALAM BUDAYA ORGANISASI DI MTs. TARBIYATUS SA’ADAH
DOI:
https://doi.org/10.21009/jmp.v14i1.32522Keywords:
Perencanaan Strategis, Budaya Organisasi, PendidikanAbstract
Dalam Pendidikan, analisis lingkungan internal dan eksternal merupakan langkah utama dalam penyusunan perencanaan strategis. Secara umum, perencanaan strategis terdiri dari tiga langkah: perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Perumusan strategi meliputi pengembangan visi dan misi, mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal bagi organisasi, menentukan kekuatan dan kelemahan internal organisasi, menetapkan tujuan jangka panjang, merumuskan strategi alternatif, dan memilih strategi khusus untuk diterapkan. Suasana dan lingkungan merupakan komponen penting dalam perumusan tujuan organisasi, sehingga perbaikan organisasi memerlukan semua informasi yang relevan untuk mencapai mutu pendidikan. Dengan budaya organisasi yang baik, organisasi akan berkembang jauh dibandingkan dengan organisasi dengan budaya yang lemah. Analisis lingkungan internal dan eksternal yang mengintegrasikan budaya dan tugas pokok organisasi ini memerlukan proses pembelajaran yang mencakup pengembangan kemampuan dalam transformasi dan transformasi budaya di lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan feomenologi. Lokasi penelitian di MTs. Tarbiyatus Sa’adah Gresik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Manajemen Pendidikan allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.
Jurnal Manajemen Pendidikan has CC-BY NC SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Manajemen Pendidikan recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY NC SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Manajemen Pendidikan site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Manajemen Pendidikan is Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.