EVALUASI KEBIJAKAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) MELALUI TEORI WILLIAM DUNN (STUDI KASUS PADA SDN LIDAH KULON I/464 SURABAYA)
DOI:
https://doi.org/10.21009/jmp.v14i2.35797Keywords:
Anggaran; BOS; Evaluasi; Kebijakan, KriteriaAbstract
Dana BOS merupakan bantuan Pendidikan pemerintah untuk meniadakan pungutan biaya Pendidikan di sekolah khususnya di sekolah dasar dan sekolah menengah. Untuk itu, perlu yang adanya evaluasi atas pengelolaan dana BOS di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan data kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dana BOS di SDN Lidah Kulon I/464 Surabaya telah terkelola dengan baik sesuai dengan teori evaluasi kebijakan William Dunn karena sekolah memenuhi kriteria efektivitas dengan mencapai tujuan pembebasan pungutan biaya sekolah. Kemudian pada kriteria efisiensi dilaksanakan dengan melakukan pembelanjaan kebutuhan sekolah sesuai dengan Standar Harga Pembelian (SSH) yang mana kebutuhan sekolah dibeli dengan harga terendah. Selanjutnya, kecukupan di SDN Lidah Kulon I Surabaya terealisasi dengan cara menggunakan seluruh anggaran dana BOS untuk memenuhi kebutuhan siswa dari segi sarana prasarana hingga kegiatan baik secara internal maupun eksternal. Pada kriteria perataan, sekolah memberikan kesempatan seluruh siswa untuk menikmati fasilitas sekolah secara adil. Selanjutnya, kriteria responsivitas direalisasikan dengan memberikan sosialisasi pada PTK dan kesempatan revisi RKAS sebanyak lima kali dalam setahun. Dan yang terakhir, adanya pelaporan secara online melalui ARKAS, pengawasan dari pengawas sekolah dan Dinas Kota Surabaya, serta pembelanjaan melalui aplikasi SipLah dapat memenuhi kriteria ketepatan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Manajemen Pendidikan allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.
Jurnal Manajemen Pendidikan has CC-BY NC SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Manajemen Pendidikan recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY NC SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Manajemen Pendidikan site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Manajemen Pendidikan is Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.