PENERAPAN CUSTOMER FOCUS DALAM MANAJEMEN MUTU TERPADU (TQM) DI SMPN 40 SURABAYA

Authors

  • Aulia Sagita Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Nesha Aisyah Universitas Negeri Surabaya
  • Mufarrihul Hazin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmp.v14i2.40799

Keywords:

customer focus, kepuasan pelanggan, manajemen mutu terpadu

Abstract

Mutu terpadu atau sering dikenal dengan TQM merupakan sutu pendekatan system untuk menentukan kualitas pendidikan yang unggul. Dapat kita ketahui bahwasannya masalah pendidikan di negara kita yakni kurangnya mutu pendidikan, yang mana masih ditemukan mutu sekolah yang belum maju. TQM tidak dapat diimplementasikan di lembaga pendidikan tanpa berkolaborasi dengan semua komponen yang ada, termasuk kepala sekolah, guru, staf dan dukungan eksternal, Seperti komite sekolah, untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengkaji bagaimana kepala sekolah, guru, dan komite sekolah menggunakan TQM untuk meningkatkan kepuasan ataupun pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana bertujuan untuk mengumpulkan data dari subjek penelitian yang relevan untuk menggambarkan dan menganalisis fenomena yang ada. Alat pengumpulan data yang diterapkan meliputi wawancara dan observasi. Data yang diambil adalah data yang berasal dari informan, fonema atau gejala serta data dokumen pendukung yang relevan dengan variabel penelitian.

Downloads

Published

2023-12-14