MODEL AQUAROBIC UNTUK LANJUT USIA (LANSIA) BERBASIS PERMAINAN

  • Fajriah Duha Yusmaini
  • Nofi Marlina Siregar
Keywords: Aquarobic, Permainan, Lanjut Usia (Lansia)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat model aquarobic untuk lanjut usia (lansia), yaitu di klub olahraga Indonesia Aquarobic Club . Waktu penelitian selama Agustus 2019 – Juli 2020. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE, dimana penelitian menggunakan 5 tahapan yaitu Analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi. Hasil penelitian menghasilkan produk yang berupa model aquarobic untuk lanjut usia (lansia) berbasis permainan. yang telah di revisi oleh ahli permainan dan ahli renang sebanyak 10 model yang di implementasikan sebanyak 20 orang Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model aquarobic untuk lanjut usia (lansia) berbasis permainan ini dapat menjadi media untuk digunakan dalam proses latihan aquarobic untuk lansia, sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap pelatih dan para lansia, berdasarkan hasil penelitian model aquarobic untuk lanjut usia (lansia) berbasis permainan dapat dikembangkan dan dapat diterapkan kepada klub olahraga Indonesia Aquarobic Club dan klub olahraga aquarobic lainnya.

References

Hardjolukito, A. (2016). Sehat & Langsing Dengan Aquarobic. Jakarta: Kosa Kata Kita.
Nuraini, S., & Nugraha, H. (2015). Seri Keolahragaan Teori Dan Praktek Permainan Kecil. Jakarta: Lpp Press Universitas Negeri Jakarta.
Prabowo, E., & Agustiyawan. (2020). Pengaruh Kinesio Taping Terhadap Peningkatan Fleksibilitas. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi.
Purwanto, W. (2013). Program Latihan Aquarobic Untuk Peningkatan Cardiovasculer. Jurnal Unj.
Resita, C., & Yuda R, A. K. (2011). Program Latihan Aquarobic Untuk Peningkatan. Jurnal Unj.
Siregar, N. M. (2013). Teori Bermain. Jakarta: Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Y. M. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Sains Sekolah Dasar. Jurnal Tehnik.
Published
2022-12-30
Section
Articles