MODEL PEMANASAN RUGBY BERBASIS PERMAINAN UNTUK KOP RUGBY UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

  • Ikbal Miftahudin
  • Iwan Barata
Keywords: Model Pemanasan, Rugby, Permainan, Klub Olahraga Prestasi Rugby Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk baru berupa model pemanasan berbasis permainan untuk Klub Olahraga Prestasi Rugby Universitas Negeri Jakarta. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juli 2021 yang bertempat Di Kampus B Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. penelitian ini merupakan penelitian Model dan Pengembangan yang bersifat deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development (R & D) dari ADDIE, yaitu dengan membuat produk berupa model permainan dengan 5 (Lima) tahapan, yaitu 1.) Analisis (Analyze), 2.) Desain (Design), 3.) Pengembangan (Development), 4.) Pelaksanaan (Implement), 5.) Evaluasi (Evaluate). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota Klub Olahraga Prestasi Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 12 orang sebagai subjek Uji Coba skala kecil (Praktek Lapangan). Uji validasi yang digunakan pada penelitian adalah dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model yang telah dibuat diuji cobakan, kemudian dikonsultasikan dan dinilai oleh para ahli sesuai dengan variabel yang terkait. Uji coba yang dilakukan dengan memberikan 15 model permainan yang telah dibuat peneliti untuk dianalisa dengan pengisian angket justifikasi oleh dosen ahli (expert judgment). Setelah divalidasi oleh dosen ahli maka hasil akhir dalam penelitian ini berupa 14 model permainan yang dianggap layak dan kemudian dilakukan uji coba. Model permainan ini nantinya dapat dijadikan sumber referensi bagi para pengajar dan pelatih Olahraga untuk meningkatkan aktivitas gerak pemanasan menjadi lebih variatif. Kesimpulan akhir yang diperoleh melalui penelitian ini adalah 14 model pemanasan berbasis permainan yang peneliti buat telah layak dilakukan serta digunakan.

References

Acep Yonny, d. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. sleman,Yogyakarta: Familia.
Aka, K. A. (2019). Integration Borg & Gall (1983) and Lee & Owen (2004) models as an alternative model of design-based research of interactive multimedia in elementary school. Journal of Physics, Vol. 1318. No. 1, 3-5.
Andriawan, S. (2013, september selasa, 03). Mengenalkan Rugby di Indonesia: Sudah Dimainkan sejak 30 Tahun Lalu. Dipetik september selasa, 2013, dari https://www.beritasatu.com/.
Anton komaini, S. M. (2018). Kemampuan Motorik Anak usia Dini (1 ed.). Depok, indonesia: RajaGrafindo Persada.
BARNETT, L. A. (2012). PLAYFUL PEOPLE: FUN IS IN THE MIND OF THE BEHOLDER.
In Imagination Cognition and Personality, 170-173.
Board, I. R. (2010). A beginner's Guide To Rugby Union. 2 - 9.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE Approach. London: Springer.
Carey, D. &. (2015). The systematic design of instruction (eight ed.). United State of america: pearson education.
Dr. Anton komaini, S. M. (2018). Kemampuan Motorik Anak usia Dini (1 ed.). Depok, indonesia: RajaGrafindo Persada.
Dr. Sandu Siyoto, S. M. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN.
yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Fadlillah, M. (2017). Bermain & Permainan (Pertama ed.). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Haryati, S. (2012). RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D)
sebagai model penelitian dalam bidang pendidikan. RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D), 37, 13 - 22.
Indonesia, K. B. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ismatul Khasanah, A. P. (2011). Permainan Tradisional Sebagai Media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. PAUDIA, 1, 94 -96.
Jusuf Blegur, M. R. (2016). Permainan kecil Teori & Aplikasi. Nusa tenggara Timur: Jusuf Aryani Learning.
Mahayudin Syafari, M., & Lalu Muh. Fahrurrozi, S. M. (2020). Bugar dengan Gerak Beriram. Pendidikan Olahraga dan Rekreasi, 5 - 9.
Maredith D. Gall, J. P. (2003). Educational Research . united state of america: ablongman.
Mariyanto, M. (2010). Manfaat Pemanasan dalam Latihan Olahraga. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 525 - 532.
Sugianti, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2 : Teori & praktek. Perum sekar Indah II, Kota Pasuruan, Indonesia: Lembaga Academic & Research Institute.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yudanto. (2007). Pemanasan dalam bentuk permainan pada pembelajaran permainan sepakbola di sekolah dasar. MEDIKORA, Vol.III, No.1, 292- 294.
Published
2022-12-07
Section
Articles