MODEL GERAK DASAR BERBASIS PERMAINAN DI RUANG PUBLIK TERPADU RAMAH ANAK (RPTRA) AMIR HAMZAH KELURAHAN PEGANGSAAN JAKARTA PUSAT

  • Fawwaz Abiyyu Bahy
  • Marlinda Budiningsih
Keywords: Gerak Dasar, Permainan, RPTRA Amir Hamzah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat model gerak dasar berbasis permainan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Amir Hamzah. Waktu penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE, dimana penelitian menggunakan 5 tahapan yaitu Analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi. Hasil penelitian menghasilkan produk yang berupa model gerak dasar berbasis permainan di RPTRA Amir Hamzah Kelurahan Pegangsaan Jakarta Pusat yang telah di revisi oleh ahli gerak dasar dan ahli permanan sebanyak 15 model yang diujicobakan dalam kelompok kecil sebanyak 25 anak-anak dan kelompok besar 30 anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model gerak dasar berbasis permainan di RPTRA Amir Hamzah Kelurahan Pegangsaan Jakarta Pusat ini dapat menjadi media untuk digunakan dalam proses kegiatan olahraga di RPTRA yang ada di Jakarta, sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik dalam proses meningkatkan kemampuan gerak dasar anak yang bermain di RPTRA Amir Hamzah, berdasarkan hasil penelitian model gerak dasar berbasis permainan di RPTRA Amir Hamzah dapat dikembangkan dan dapat diterapkan terhadap anak-anak yang berkunjung di RPTRA Amir Hamzah.

References

Agustini, I. P., Tomi, A., & Sudjana, I. N. (2016). Metode Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas III C SDN Krian III Kabupaten Sidoarjo. Pendidikan Jasmani, 26(2), 229–237.
Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Okara, 2, 96.
Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 119.
Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Itqan, VII(1), 51– 60.
Kembang, J. T., & Sriwijaya, U. (n.d.). Jurnal Tumbuh Kembang Universitas Sriwijaya.
Penerapan Permainan Kreatif Mencari Harta Karun Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Mm
. Novita Dwi Setyowati Abstrak Aspek perkembangan kognitif dalam memecahkan masalah adalah aspek utama yang harus . (2018). 3(2), 111–117.
Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.21831/JPJI.V9I1.3065
Sari, E. F., Syechabudin, K., & Asmawi, M. (n.d.). Penerapan Permainan Kecil Untuk Meningkatkan Ketrampilan Gerak Dasar Berlari Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Jakarta, 21.
Siregar, N. M. (2013). Teori Bermain. Jakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triady, A. Y. (2012). Tipologi Regol/Pagar Rumah Tradisional Di Laweyan Surakarta. 7.
Yudanto, Mahendra, & Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulative menggunakan model permainan pada siswa sekolah dasar. Universitas Bina Darma.
Yulingga Nanda Hanief, S. (2015). Jurnal sportif ● vol. 1 no. 1 november 2015 60. Jurnal Sportif, 1(1), 60–73.
Yus, A. (2011). Penelitian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.. Bandung: Alfabeta, 2014.
Published
2022-12-30
Section
Articles