SURVEY TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG WAHANA REKREASI PEMANDIAN AIR PANAS CIATER SUBANG JAWA BARAT

  • Al Azri Hadis Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Sukur
Keywords: Tingkat kepuasan, Pengunjung, Wahana Rekreasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung wahana rekreasi pemandian air panas Ciater Subang Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan november 2020. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode survey teknik angket. Sempel penelitian ini adalah pengunjung pemandian air panas Ciater sample dalam penelitian ini berjumlah 127 orang. Teknik penyebaran kuisioner berjumlah 30 pertanyaan tentang kepuasan pengunjung yang akan dijawab oleh responden akan disebar secara offline. Teknik analisis data peneliti yaitu dengan menghitung skor jawaban, menginterpensikan jawaban dari setiap butir pernyataan, dan menginterpensikan jawaban dari setiap dimensi. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka didapat hasil penelitian bahwa pengunjung pemandian air panas ciater yang memiliki tingkat kepuasan dengan dimensi kasat mata 50 orang atau 19,7% dengan kategori tinggi, pengunjung wahana rekreasi pemandian air panas ciater dengan dimensi keandalan 188 orang atau 74% dengan kategori tinggi, pengujung wahana rekreasi pemandian air panas ciater dengan dimensi ketanggapan 144 orang atau 57% dengan kategori tinggi, pengunjung rekreasi wahana pemandian air panas dengan dimensi jaminan 186 orang atau 73% dengan kategori tinggi dan pengunjung wahana rekreasi pemandian air panas ciater dengan dimensi empati 74 orang atau 29,1% dengan kategori tinggi.

Author Biography

Al Azri Hadis, Universitas Negeri Jakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung wahana rekreasi pemandian air panas Ciater Subang Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan november 2020. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode survey teknik angket. Sempel penelitian ini adalah pengunjung pemandian air panas Ciater sample dalam penelitian ini berjumlah 127 orang. Teknik penyebaran kuisioner berjumlah 30 pertanyaan tentang kepuasan pengunjung yang akan dijawab oleh responden akan disebar secara offline. Teknik analisis data peneliti yaitu dengan menghitung skor jawaban, menginterpensikan jawaban dari setiap butir pernyataan, dan menginterpensikan jawaban dari setiap dimensi. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka didapat hasil penelitian bahwa pengunjung pemandian air panas ciater yang memiliki tingkat kepuasan dengan dimensi kasat mata 50 orang atau 19,7% dengan kategori tinggi, pengunjung wahana rekreasi pemandian air panas ciater dengan dimensi keandalan 188 orang atau 74% dengan kategori tinggi, pengujung wahana rekreasi pemandian air panas ciater dengan dimensi ketanggapan 144 orang atau 57% dengan kategori tinggi, pengunjung rekreasi wahana pemandian air panas dengan dimensi jaminan 186 orang atau 73% dengan kategori tinggi dan pengunjung wahana rekreasi pemandian air panas ciater dengan dimensi empati 74 orang atau 29,1% dengan kategori tinggi.

References

Abdulrachman, A. (2007). Explicit and Implicit Motivation Towards Outbond toursm : A study of saudi Tourist. Jurnal Tourist and Hospitality Essentials (THE), NO 1,46.
Asmadi, A. (n.d.). pendekatan kuantitatitatif dan kualitatif serta kombinasinya dalam penelitian psikolog. pustaka belajar.
Astini, Rina, s. (2015). Pengaruh Destination Image Travel Motivation Dan Kualitas Pelyanan Terhadap Kepuasan Pengunjung ( Studi kasus pada wisatwan nusantara muslim Dipantai carita pandeglang banten ). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1, 3.
Astuti Justiana, h. (2009). Pengaruh Nilai Yang Di Persepsikan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Asuhan Kebidanan Ibu Hamil, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Asya Hanif, A. K. (2016). Pengaruh citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan serta dampaknya terhadap loyalitas wisatawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 38, 1, 45.
Atila Yuksel. F, Y. (2010). destination attachment: Effects on customer satisfaction and cogniti ve, affective and conative loyality. Tourism Management, 274–284.
Atondang, M. O. N. A. A. N. M., Ahruni, B., & Ermawan, R. A. H. (2017). PENGARUH TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP WILLINGNESS TO PAY DI PLENGKUNG TAMAN NASIONAL ALAS PURWO ( The Effect of Visitor Satisfaction Level on Willingness to Pay at Plengkung , in Alas Purwo National Park ). 164–170.
Darmono, S. D. (2018). alih wahana. Gramedia Pustaka Utama.
Halomoan, A. (2018). Analisis Pengaruh Dimensi
Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Telaga Futsal Di Yogyakarta. 信阳师范学院, 10(2), 1–15.
kanca nyoman, i. & dartini sucita, D. p. t. (2003). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik Jurusan Penjaskesrek. 1, 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Khamo, W. (2020). Pengaruh Pelayanan (Tangible,reliabelity,Responsiviness,Assuranc e,Dan Empathy)Terhadap Kepuasan Konsumen PT Nutri Inti Prima Perkasa Medan. 1(1).
Khansa, V. R. (2016). Pengaruh harga dan citra destinasi terhadap niat berkunjung kembali melalui kepuasan (studi pada wisatawan domestik kebun raya bogor ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5, 4.
Kotler dan Amstrong. (2015). Principle Of Marketing (15th ed.).
Lira, R. P. (2010). pengaruh implementasibauran pemasaran jasa terhadap proses keputusan wisatawan mengunjungi objek wisata dikota padang. Jurnal Menejemen Pemasaran, 92.
Mandic, A , Mrnjavac, Z & Kordic, L. (2018). Tourism infrastructure, recreational facilities and tourism development. Tourism and Hospitality Management., 24 (1), 41–62. https://doi.org/10.20867/thm.24.1.12
Mustikawati, T. A., & Pangestuti, E. (2017). Analisis pengembangan sarana prasarana obyek wisata alam telaga ngebel dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Jurnal Administrasi Bisnis, 53(2), 1–10.
Putri, U. (2014). PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH (Studi pada Nasabah Bank Jatim Cabang Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 16(1), 84848.
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22.
Soebiyantoro, U. (2016). pengaruh ketersediaan sarana prasarana, sarana transportasi terhadap kepuasan wisatawan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 4, 1, 17.
Wahab. (1996). manajemen kepariwisataan. Pradnya paramita.
Published
2022-12-30
Section
Articles