MODEL PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN MELALUI MEDIA OLAHRAGA RENANG UNTUK ANAK USIA DINI
Keywords:
; Penurunan Tingkat Kecemasan, Olahraga Anak, RenangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model penurunan tingkat kecemasan melaluli media olahraga renang untuk anak usia dini permainan untuk menghasilkan produk baru model baru yang digunakan untuk pembelajaran olahraga renang untuk anak usia dini, yaitu di Kelas Berenang Filfest UI Kota Depok. Waktu penelitian terhitung selama 2 bulan selama Desember 2021 – Januari 2022. Metode penelitian ini menggunakan Model pengembangan ADDIE, dimana penelitian menggunakan 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi. Hasil penelitian menghasilkan produk yang berupa penurunan tingkat kecemasan melaluli media olahraga renang untuk anak usia dini yang telah di revisi oleh ahli psikolog ahli permaianan dan ahli anak usia dini sebanyak 15 model yang diuji cobakan dalam uji implementasi sebanyak 17 anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan tingkat kecemasan melaluli media olahraga renang untuk anak usia dini dapat digunakan dalam proses pembelajaran olahraga renang, sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap sekolah, dan pengajar berdasarkan hasil penelitian Model penurunan tingkat kecemasan melalui media olahraga renang untuk anak usia dini dapat di sebarluaskan keseluruh penjuru negri dengan bekerja sama dengan penerbit atau instansi pemerintah di bidang pendidikan.
References
Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Okara, 2, 96.
Buku Jago Renang - Sandra Arhesa, S.Si., M.Pd - Google Buku. (n.d.).. Buku Jago Renang. lmu Cemerlang Group.&f=falseEdisi Maret 2014 Edisi Maret 2014. (2014). 35–48.
Moerdiyanto. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan. 1, 409–423.
Mustaqim, Roesdiyanto. (2012). 13–20.
Prasetyo, E., & Yunus, M. (2017). Hubungan antara Frekuensi Gerakan Kaki Dengan Prestasi Renang Gaya Crawl 50 Meter. Indonesia Performance Journal, 1(2), 82–90.
Salim. (2019). PENELITIAN PENDIDIKAN Metode, Pendekatan, dan Jenis.
Setyosari, punaji. (2013). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGEMBNGAN.
Sofan, E., & Kholik, A. (2013). Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Siswa Kelas Vi Sdn Slipi 01 Jakarta. Jurnal Olahraga Rekreasi, 2(1), 131–137. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jor/article/view/7172
Suhendra, A. D., Asworowati, R. D., & Ismawati, T. (2020). No Title. Akrab Juara, 5(1), 43–54. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
Sumantri, arif. (2015). METODE PENELITIAN KESEHATAN.
Yaumil Qoriaha, Sumarnob, N. U., & A. (2017). The Development Prehistoric Of Jember Tourism Module Using Dick And Carey Model. Jurnal Historica, 1(1), 98–115.
Yuberti. (2013). “PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN” YANG BELUM DIMINATI DAN PERSPEKTIFNYA. “PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN” YANG BELUM DIMINATI DAN PERSPEKTIFNYA, 19