Pengalaman Aktivitas Luar Kelas (Outdoor Activity) dalam Menumbuhkan Keterampilan Kolaborasi pada Anak

  • Adimas Universitas Negeri Jakarta
  • Hernawan Universitas Negeri Jakarta
  • Fajar Vidya Hartono Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau sejauh mana pengaruh pengalaman aktivitas luar kelas (outdoor activity) dalam menumbuhkan keterampilan kolaborasi pada anak. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data berupa sikap dan perilaku anak yang sesuai dengan indikator keterampilan kolaborasi yaitu, bekerja sama, kepemimpinan, nilai empati, bertanggung jawab, keterampilan komunikasi, dan berperan aktif. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode pre eksperimental one shot case studi. Penelitian ini dilakukan dengan siswa siswi SDN Tegal Alur 11 Pagi Cengkareng sebagai subyek penelitian yang berjudul Pengalaman Aktivitas Luar Kelas (Outdoor Activity) Dalam Menumbuhkan Keterampilan Kolaborasi Pada Anak. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menerapkan aktivitas luar kelas berupa permainan. Permainan yang dilakukan berjumlah 13 permainan yang disesuaikan dengan indikator dari keterampilan kolaborasi. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan trianggulasih data sumber, teknik dan waktu. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara dilakukan dengan kepala sekolah serta guru pendamping. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa aktivitas luar kelas khususnya yang berupa permainan berpengaruh terhadap pembentukan keterampilan kolaborasi anak. Siswa siswi pun juga memberikan tanggapan dan menunjukkan sikap yang positif terhadap penerapan aktivitas luar kelas.

Referensi

Budiman, A. (2019). Peningkatan Perilaku Respek melalui Outdoor Education. Jurnal Olahraga.
Hidayatullah, Z., Wilujeng, I., Nurhasanah, N., Gusemanto, T. G., & Makhrus, M. (2021). Synthesis of the 21st Century Skills (4C) Based Physics Education Research In Indonesia. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 88. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889
Loes, C. N., Culver, K. C., & Trolian, T. L. (2018). How Collaborative Learning Enhances Students’ Openness to Diversity. The Journal of Higher Education, 89(6), 935–960. https://doi.org/10.1080/00221546.2018.1442638
Noh, M. A. C., & Yusuf, S. A. M. (2018). Collaborative Learning Technique within Higher Learning Education Students. Creative Education, 09(14), 2367–2375. https://doi.org/10.4236/ce.2018.914177
Pujiarini, N. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR ACTIVITIES DALAM MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 20(3).
Ridwan, N. (2017). PENGARUH OUTDOOR ACTIVITIES TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA SD NEGERI PANAIKANG III MAKASSAR.
Septaviani, V. (2006). Mendidik Generasi Muda dengan Pendidikan Lingkungan.
Supendi, P. (2007). 50 Permainan menyenangkan di indoor & outdoor.
Thobroni, M., & Mustofa, A. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times.
Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa.
Zubaidah, S. (2017). KETERAMPILAN ABAD KE-21: KETERAMPILAN YANG DIAJARKAN MELALUI PEMBELAJARAN.
Diterbitkan
2023-06-21
Bagian
Articles