Model Permainan Trampoline Untuk Anak Usia Dini 6 - 8 tahun

  • Ahmad Fikri Mujahid FIK UNJ
  • Sri Nuraini
  • Nofi Marlina Siregar
Keywords: Permainan Trampoline, Anak 6 – 8 Tahun, ADDIE

Abstract

bertujuan untuk mengembangkan model permainan trampoline di bounce street asia untuk anak usia 6 – 8 tahun, tempat penelitian berletak di Kelapa Gading Jakarta Utara, sentra bisnis, Jalan, Jl. Artha Gading Sel. No.Kav 8, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Waktu penelitian selama bulan Desember 2022. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE, dimana penelitian     menggunakan 5 tahapan yaitu, analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan model, evaluasi. Hasil penelitian menghasilkan produk yang berupa model permainan trampoline yang telah di revisi oleh ahli permainan dan ahli trampoline sebanyak 10 model yang di implementasikan kepada sebanyak 15 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model permainan trampoline untuk anak usia 6 – 8 tahun ini dapat menjadi media untuk dimainkan terutama untuk meningkatkan motivasi bermain anak saat bermain trampoline, sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik, berdasarkan hasil penelitian model permainan trampoline untuk anak usia 6 – 8 tahun dapat dikembangkan dan dapat diterapkan kepada anak-anak

References

Desmita. (2006). Psikologi perkembangan (Desmita, Ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Khobir, A. (n.d.). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif.
Siregar, N. M., & Sukur, A. (n.d.). Penerapan Permainan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa-Siswi Kelas VIII-1 Mts Nurussaadah.
Sudarna. (2014). pendidikan anak usia dini berkarakter (Cet. 1). Genius Publisher.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukmadinata Nana Syaodih. (2005). Metode penelitian pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.
Yansen Jutalo, dan H. (n.d.). Pengembangan Prototipe Alat Tumble Track Trampoline Pada Cabang Olahraga Senam Trampoline Dki Jakarta.
Published
2023-12-31
Section
Articles