STRATEGI PROMOSI DAN KOMUNIKASI MELALUI MEDIA SOSIAL PADA OBJEK WISATA ATV ADVENTURE INDONESIA

  • Amaliya Ikhsa Zaina FIK UNJ
  • Zulham FIK UNJ
Keywords: Strategi Promosi, Komunikasi, Media Sosial, Objek Wisata

Abstract

Objek wisata Atv Adventure Indonesia merupakan salah satu objek wisata yang berada di Cipayung, Jakarta Timur, dengan memiliki luas lahan 2,5 hektar yang di pergunakan sebagai fasilitas permainan atv, atv statis, motor trail, panahan, dan airsoftgun, dan memiliki daya tarik terhadap jalur atv dan motor trail yang panjang dengan kondisi jalur berlumpur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana strategi promosi dan komunikasi yang dilakukan oleh pihak pengelola objek wisata  Atv Adventure Indonesia terhadap pengembangan pemasaran objek wisata dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki. Penelitian ini dilakukan di Jl. Raya Setu No.1, RT.5/RW.1, Setu, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada bulan Juli 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah sumber daya manusia yang ada didalam kepengurusan Atv Adventure Indonesia yaitu, direktur utama Atv Adventure Indonesia, supervisor, dan karyawan Atv Adventure Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data dengan pedoman hasil reduksi data, wawancara , dan dokumentasi. Temuan yang ditemukan pada penelitian ini adalah bagaimana Atv Adventure Indonesia  melakukan strategi promosi dan komunikasi pemasaran dengan media sosial. Selain itu, penelitian ini dapat diketahui secara lengkap mengenai kelebihan memiliki jalur offroad yang luas dan panjang, sedangkan kekurangannya yaitu tidak mengelola dan memanfaatkan media sosial yang dimiliki.

References

Atiko, G., Sudrajat, R. H., Nasionalita, K., & Telkom, U. (2016). Abstrak Perkembangan teknologi , informasi dan komunikasi yang terus meningkat membuat jumlah pengguna Internet yang juga semakin tinggi diseluruh dunia setiap tahunnya , tak terkecuali Negara Indonesia . Selain Facebook , Twitter , Youtube , Path , Line . 3(2), 2349–2358.
Betari Avinda, C., Sudiarta, N., Made, N., & Karini, O. (2016). STRATEGI PROMOSI BANYUWANGI SEBAGAI DESTINASI WISATA (STUDI KASUS PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA). 4(1).
Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 64.
Elmawati, F. N. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PROMOSI PEMASARAN TEMPAT WISATA ALAM GUNUNG PANCAR DI ERA NEW NORMAL ( Studi Pada PT . Wana Wisata Indah ).
Ernanda, M. R. E. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Wisatawan Wisata Bukit Batu Riam Kanan (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar) (Doctoral dissertation, U. M. M. (2022). Strategi Komunikasi (Pengertian, Teknik, Langkah dan Hambatan).
fisipol. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI MENURUT PARA AHLI. https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2022/09/27/strategi-komunikasi-menurut-para-ahli/
Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2017). Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. 23–42. https://doi.org/Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2017). Characteristics of qualitative descriptive studies: A systematic review. Research in nursing & health, 40(1), 23-42.
Majluf & Hax. (2006). Corporate Strategy : The Core Concepts.
Manafe, J. D., Setyorini, T., Alang, Y. A., Administrasi, J., Politeknik, B., & Kupang, N. (2016). PEMASARAN PARIWISATA MELALUI STRATEGI PROMOSI OBJEK WISATA ALAM, SENI DAN BUDAYA (Studi Kasus di Pulau Rote NTT).
Mumuh Mulyana. (2019). 04a - INISIASI_8. Strategi Promosi Dan Komunikasi, 7.
Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27. https://doi.org/10.46937/17201926586
Polit, D. F., & Beck, C. T. (2010). Generalization in quantitative and qualitative research: Myths and strategies. International Journal of Nursing Studies, 47(11), 1451–1458. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2010.06.004
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950
Rozy, S. (2019). Makna dan Dampak Keberadaan ATV Bagi Masyarakat di Kawasan Wisata Pantai Air Manis. 2019, 38–59.
Sawitri, D. R., Nurtjahjanti, H., & Prasetyo, A. R. (2019). BUKU AJAR SEMINAR PROPOSAL.
Setiawan, N. A., & U., F. H. (2014). Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Lokal di Desa Wisata Jelekong. Trikonomika, 13(2), 184. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v13i2.613
Suratmin. (2018). Pengantar Olahraga Rekreasi dan Olahraga Pariwisata.
Sutopo, A. H. (2010). Terampil mengolah data kualitatif dengan NVIVO. https://doi.org/Sutopo, A. H. (2010). Terampil mengolah data kualitatif dengan NVIVO/oleh Ariesto Hadi Sutopo dan Adrianus Arief.
Tarasuddin, R. (2015). STRATEGI PROMOSI PERIKLANAN YANG EFEKTIF.
Tisna, G. D., & Sudarmada, I. N. (2014). Manajemen Olahraga.
Wahyuni, A. P. (2017). Vol. 12, No. 2, Oktober 2017. Ekonomika, 12(2), 212–231.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
Wiwin, Y. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 4(1), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Published
2024-05-08
Section
Articles