MODEL PERMAINAN AKURASI LEMPAR PISAU PADA ANAK USIA 10 - 12 TAHUN
Keywords:
Model Permainan, Lempar Pisau, AkurasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model permainan akurasi lempar pisau pada anak usia 10–12 tahun. Pendekatan penelitian pengembangan model permainan akurasi lempar pisau ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah anggota PORLEMPIKA dengan jumlah 15 anak. Pada penelitian ini peneliti bekerjasama dengan satu dosen ahli, dan dua pelatih lempar pisau PORLEMPIKA sebagai expert judgement. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji justifikasi ahli dan pelatih, dimana model permainan yang telah dibuat dan diuji cobakan kemudian dikonsultasikan serta dinilai oleh dosen ahli dan para ahli dalam bidang olahraga lempar pisau. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat model permainan akurasi lempar pisau pada anak usia 10–12 tahun. Model permainan ini juga bertujuan untuk dapat dijadikan bahan referensi atau pedoman bagi para pelatih dalam melatih akurasi lempar pisau. Melalui uji validitas yang dilakukan dengan menggunakan uji justifikasi ahli dan pelatih, menghasilkan produk model membuat model permainan akurasi lempar pisau pada anak usia 10–12 tahun sebanyak 15 model permainan.
References
Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Okara, 2(8), 96.
Aviesena Aria Fierera, Hernawan, K. (2022). Penerapan Permainan Avshoot Untuk Meningkatkan Akurasi Pada Pemanah Pemula Di Klub Blue Feather Archery Aviesena Aria Fierera 1 , Hernawan 2 , Kuswahyudi 3. 1(1), 22–31.
Aziz, N. M. (2012). Urgensi Penelitian Dan Pengkajian Hukum Dalam Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 1(1), 17. Https://Doi.Org/10.33331/Rechtsvinding.V1i1.104
Fahmi, K. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Dribble Bola Basket Pada Peserta Didik Mts Negeri 1 Pontianak. Fkip Untan, 2, 1–9.
Fauziddin, M. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Curricula, 1(3), 1–11. Https://Doi.Org/10.22216/Jcc.2016.V2i3.1277
Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal : Journal Educational Research And Development, 4(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.31537/Ej.V4i1.297
Fitri, E., Sari, N., Syechabudin, K., & Asmawi, M. (2016). Penerapan Permainan Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Berlari Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Adaptif, 16–22.
Hairiyah, S. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Stit Al-Karimiyyah Sumenep, 7.
Hidayat, F. (2019). Pengaruh Latihan Precision With Tempo Terhadap Akurasi Pukulan Groundstroke Pada Ukm Tenis Lapangan Uny. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.
Ilmiawan. (2018). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Man 2 Kota Bima). Photosynthetica, 2(1), 1–13.
Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. Https://Doi.Org/10.26751/Jikk.V10i1.645
Iswinarti, I., & Hormansyah, R. D. (2020). Meningkatkan Harga Diri Anak Slow Learner Melalui Child Centered Play Therapy. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 319–334. Https://Doi.Org/10.30996/Persona.V9i2.3491
Latifa, U. (2017). Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya. Academica: Journal Of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196.
Ludvik, S. (2019). Eurothrowers (Règles Européennes De Lancer De Couteaux Et Haches (Version 2019) Cibles). Version.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 5(1), 14–25. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V5i1.166
Noorlan. (2012). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peristiwa Sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 Melalui Metode Diskusi Pada Pelajaran Sejarah Kelas Xii Ips 1 Sman 3 Tanjung Tahun Pelajaran 2011/2012. 1–94.
Putra, A. W., Triansyah, A., & Hidasari, F. P. (2018). Pengembangan Odel Permainan Pembelajaran Bola Basket Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10), 1–9.
Sasongko, D. B., Fatirul, N., & Hartono. (2019). Pengembangan E-Learning Dengan Video Conference Untuk Pendukung Pembelajaran Informatika Terapan Di Politeknik Kelautan Dan Perikanan Sidoarjo. Jurnal Education And Development, 7(2), 236–240.
Stephani, M. R. (2017). Stimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 16. Https://Doi.Org/10.17509/Jpjo.V2i1.6397
Subekti, I., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Fadhil Rizki, A. (2021). Kontribusi Filsafat Ilmu Dalam Penelitian Ilmiah Dan Kehidupan Sosial. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 229. Https://Doi.Org/10.23887/Jfi.V4i3.37304
Sudono, A. (2006). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.
Triana, R. (2019). Desain Penelitian Al-Qur’an Dan Tafsir. Al Tadabbur: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir, 04(02), 198–215. Https://Doi.Org/10.30868/At.V4i02.598
Utami, A. R., Hasibuan, C. A., Ismayani, W., Indah, W., & Khadijah, H. (2016). Pengembangan Permainan Puzzle Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk. Ansiru Pai: Pengembangan Profesi Pai, 6(1), 55–64.
Wijayanto, R., & Santoso, R. H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal Of Education, 1(1), 4.
Yuberti. (2017). Penelitian Dan Pengembangan" Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya. Universitas Negeri Makasar, 1–15.
Yunita, Y., & Suryadi, K. (2018). Rancang Bangun Pendidikan Bela Negara Sebagai Wahana Pengembangan Sikap Nasionalisme Bagi Mahasiswa. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 5(2), 225–233.