ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI WISATA REKREASI ATV ADVENTURE INDONESIA JAKARTA TIMUR

Authors

  • Nurhayati Millenia FIK UNJ
  • Abdul Kholik FIK UNJ

Keywords:

Kualitas pelayanan, tingkat kepuasan pengunjung, ATV Adventure Indonesia Jakarta Timur.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pengunjung di ATV Adventure Indonesia Jakarta Timur. Perumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepuasan pengunjung terhadap dimensi kualitas pelayanan yaitu Responsiveness, Reliability, Tangibles, Assurance, dan Empathy pada ATV Adventure Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung ATV Adventure Indonesia berjumlah 100 orang. Validasi instrumen menggunakan Korelasi Product Moment sedangkan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI), hasil kesimpulan penelitian tingkat kepuasan pengunjung di ATV Adventure Indonesia pada dimensi Responsiveness 81,25%, dimensi Reliability 80,43%, dimensi Tangibles 72,68%, dimensi Assurance 77,32%, dimensi Empathy 81,27%, dan hasil keseluruhan dimensi kualitas pelayanan 78,44%.

References

Amirullah. (2015). Populasi Dan Sampel (pemahaman, jenis dan teknik). Wood Science and Technology, 16(4), 293–303.

Dawson, J., Findlay, A., & Sparks, L. (2020). The Retailing Reader. Taylor & Francis. https://books.google.co.id/books?id=pGIPEAAAQBAJ

Dwina, I. (2020). Melemahnya Ekonomi Indonesia Akibat Covid-19. Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 1–5.https://www.kompasiana.com/dewilst08/5ebcb675097f3659853413b3/ekonomi-indonesia-menanggung-beban-covid-19

Sudiana, I. K. (2019). Dampak Olahraga Wisata Bagi Masyarakat. Journal IKA, 16(1), 55–66.

Suratmin. (2018). Pengantar Olahraga Rekreasi Dan Olahraga Pariwisata. In Rajawali Pers. Rajawali Pers.

Wafa, R. S. N. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Para Pengunjung Objek Wisata Dreamland Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Epository.Iainpurwokerto.Ac.Id, 25. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3445/

Downloads

Published

2024-12-03

Issue

Section

Articles