PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK PENINGKATAN MOTORIK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Qory Jumrotul Aqobah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Chanesa Hestiani Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Kiki Rizqyatul Ummah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rintan Wanti Anisah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Permainan tradisional, Engklek, Kemampuan motorik, Siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh permainan tradisional engklek terhadap peningkatan motorik siswa di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan melakukan analisis terhadap beberapa penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik yang dibahas. Hasil dari penelitian kepustakaan ini menunjukkan bahwa permainan tradisional engklek dapat meningkatkan motorik siswa di sekolah dasar. Permainan engklek menggabungkan gerakan tubuh yang beragam dan melibatkan koordinasi antara anggota tubuh, sehingga dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasar siswa. Oleh karena itu, disarankan bagi guru-guru di sekolah dasar untuk memperkenalkan permainan tradisional engklek sebagai salah satu alternatif aktivitas fisik yang dapat meningkatkan motorik siswa di sekolah dasar.

References

Adi, B. S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33-39.
Adi, I. N. A. N., Pramita, I., & Vitalistyawati, L. P. A. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Keseimbangan Statis dan Keseimbangan Dinamis pada Anak-Anak Usia 6-12 Tahun di Lingkungan Padang Keling Kelurahan Banyuning Buleleng Bali. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 56-63.
Ali, M., Nugraha, H., Maslikah, U., Aqobah, Q. J., Jakarta, U. N., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). TRADITIONAL GAME-BASED MANIPULATIVE BASIC MOVEMENT MODEL FOR LOWER GRADE ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN. 8(2).
Andayani, S. (2021). Bermain sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(01), 230-238.
Anisah, A. S., & Holis, A. (2020). Enkulturasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 318-327.
Anisah, D., Kamidi, A., Tuasikal, A. R. S., & Suroto, S. (2020). Permainan kids athletics sebagai stimulasi kemampuan motorik kasar anak sekolah dasar kelas V dan VI. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 72-78.
Chaelani, I., Febrianta, Y., & Muslim, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Permainan Tradisional Jawa Tengah Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasa. Jemani (Jurnal Pendidikan Jasmani), 1(02), 159.
Dewi, N. K. & Alit, I. B. G. S. (2020). Manfaat Bermain bagi Perkembangan Anak. Bali: Udayana University Press.
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2020). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Goldstein, S. & Naglieri, J. A. (2019). Handbook of Intelligence. Cham: Springer.
Hurlock, E. B. (2019). Developmental Psychology. New York: Tata McGraw-Hill Education.
Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). El Midad, 11(2), 155-168.
Jumrotul Aqobah, Q., Setiakarnawijaya, Y., Ali, M., Brayntin Rahail, R., & Hakim, N. (n.d.). MENGUNGKAP TREN PENELITIAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM JURNAL BEREPUTASI INTERNASIONAL. In Physical Education (Vol. 7, Issue 1).
Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.
Kiranida, O. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318-328.
Kurniawan, F. (2019). Manfaat Bermain bagi Perkembangan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Pendidikan Dasar, 20(2), 107-114.
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1).
Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 54-66.
Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan motorik pada pendidikan jasmani meningkatkan pembelajaran gerak seumur hidup. Sporta Saintika, 5(2), 204.
Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education. 118-120.
Noviarti, A., & Ismet, S. (2021). Analisis Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Dalam Permainan Tradisional Engklek. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 223.
Nugrahastuti, Eka. dkk. (2016). NILAI-NILAI KARAKTER PADA PERMAINAN TRADISIONAL. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Putri, A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Aktivitas Bermain Anak Usia Dini. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.
Rakhmawati, E. & Dwi Astuti, M. (2018). Peran Bermain dalam Pengembangan Kemampuan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1-8.
Robinson, L. E., & Stride, A. (2018). The influence of play activities on the development of children aged 0-3 years: a systematic review. Early Child Development and Care, 188(7), 952-967.
Rozana, S., & Bantali, A. (2020). Stimulasi perkembangan anak usia dini: melalui permainan tradisional engklek. Edu publisher.
Ruliati, D. (2019). Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Pada Kelompok B Di RA. Amanah Lil ‘Alamin Kaliwates Jember (Doctoral dissertation, IAIN Jember).
Santrock, J. W. (2019). Life-Span Development. New York: McGraw-Hill Education.
Sari, F. & Yusuf, S. (2018). Manfaat Bermain bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1-7.
Sutini, A. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Tradisonal, P., Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (n.d.). PENANAMAN PERILAKU KERJASAMA ANAK USIA DINI MELALUI.
TRIDIAH, S. (2021). IMPLEMENTASI STRATEGI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DI TK AL UL-HAQ SUKABUMI BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 3430.

Downloads

Published

2023-06-21

Issue

Section

Articles