Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Permainan Cublak-cublak Suweng: Sebuah Studi Pustaka

  • Patra Aghtiar Rakhman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Amanda Sabrina Zahra Putri, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ramah Nur Intan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yuliana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Permainan, cublak-cublak Suweng, tradisional

Abstract

Zaman sekarang yang telah berjalan dan mengembangkan teknologi dengan pesat di pedesaan ataupun yang ada di perkotaan, dengan perkembangan tersebut membuat anak-anak merasakan efek dari kemajuan. Dengan bermain sekarang tidak menggunakan alat secara alami namun sekarang menggunakan alat perkembangan teknologi dengan gadget bermain online. Hal ini yang perlu dipantau oleh orang tua menganggap menggunakan kecanggihan teknologi tersebut membuat anak berkembang keceerdasannya. Seharusnya anak-anak di masanya ini melakukan permainan secara aktif di luar sebagai interaksi di sekitar anak dengan melakukan salah satunya permainan tradisional. Banyak jenis-jenis permainan tradisional yang dapat dilakukan oleh anak-anak salah satunya permainan cublak-cublak suweng.Permainan tradisional cublak-cublak suweng yaitu permainan yang berasal dari Jawa Tengah dengan cara bernyanyi bahasa Jawa. Dalam sejarah permainan ini berkaitan dengan penciptaannya yang berasal dari Walisongo, tokoh penyebar agama Islam di Jawa. Permianan ini digunakan sebagai media yang dapat memberikan kemampuan moral anak, yang dapat dilihat dari arti dari lagu cublak-cblak suweng untuk mencari harta, kedudukan, dan jabatan tidak untuk menuruti hawa nafsu yang dikembaikan lagi pada hati, tidak berduka cita di jalan akhirat.

References

Anggita, G. M. (2018). Eksistensi Permainan Tradisioal Sebagai Warisan Budaya Bangsa . Jurnal of Sport Science and Education .
Ariesta, F. W. (2019). Nilai Moral dalam Lirik Dolanan Cublak-cublak Suweng. Jurnal Ilmu Budaya.
Ariesta, F. W. (2019). NILAI MORAL DALAM LIRIK DOLANAN CUBLAK-CUBLAK SUWENG. JURNAL ILMU BUDAYA, 7(2), 188-192.
Ariesta, F. W. (2019). NILAI MORAL DALAM LIRIK DOLANAN CUBLAK-CUBLAK SUWENG. JURNAL ILMU BUDAYA.
Ervanda, Y. d. (2020). Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng dari Provinsi Yogyakarta dan Pembentukan Karakter Tanggung Jawab pada Peserta Didik MI/SD di Indonesia. Journal of Primary Education.
Haris, I. (2016). KEARIFAN LOKAL PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL DAN MORAL ANAK USIA DINI. Jurnal AUDI, 1(1), 15-20.
Haris, I. (2016). KEARIFAN LOKAL PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL DAN MORAL ANAK USIA DINI. Jurnal AUDI.
Hidayat, T. (2020). Kajian Nilai Kearifan Lokal Dalam Tradisi Misalin: Cimaragas Kabupaten Ciamis. METAEDUKASI.
Kurniasari, R. Y. (2019). NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG DI YOGYAKARTA: KAJIAN EKOLINGUISTIK. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(8), 135.
Kurniasari, Y. R., & Rahardi, R. K. (2019). NILAI - NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG DI YOGYAKARTA: KAJIAN EKOLINGUISTIK. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 134-142.
Melinda. (2017). EKSISTENSI PERMAINAN TRADISIONAL DI SEKOLAH DASAR. 10.
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, Edisi Jurnal.
Nugrahastuti, E., Puspitaningtyas, E., Puspitasari, M., & Salimi, M. (2016). NILAI-NILAI KARAKTER PADA PERMAINAN TRADISIONAL. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 265-273.
Z, Y. E. (2021). Permainan Tradisional Cublak-cublak Suweng Dari Provinsi Yogyakarta Dan Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Pada Peserta Didik MI/SD Di Indonesia. Jurnal of Education dan
Published
2023-06-21
Section
Articles