PENGARUH OLAHRAGA TRADISIONAL HADANG TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA

Authors

  • Elfan Ridzkian Azizi Universitas Negeri Jakarta
  • Masnur Ali Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Olahraga Tradisional Hadang, Kecerdasan Emosional, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh olahraga tradisional gobak sodor terhadap kecerdasan
emosional siswa kelas VIII SMPN 4 Gunung Putri Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
untuk mendapatkan data berupa sikap dan perilaku remaja yang sesuai dengan berlandarkan teori
kecerdasan emosional, yaitu kesadaran diri, pengaturan diri, kesadaran sosial, dan kemampuan sosial.
Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini siswa
kelas VIII berjumlah 50 orang, Sebanyak 20 orang sebagai sampel yang diberi perlakuan dengan bermain
olahraga tradisional gobak sodor sebanyak 8 kali pertemuan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan
kuesioner (angket). Sebelum angket diberikan ke responden, angket dilakukan ujicoba terlebih dahulu
dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan
Uji-T diperoleh t(hitung) = 13,77 dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 20 diperoleh ttabel = 1,72. Karena
thitung > ttabel = 13,77>1,72, maka H0 ditolak dan H1 diterima. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
Olahraga tradisional gobak sodor memiliki pengaruh terhadap kecerdasan emosional remaja. Hal ini dapat
terjadi karena adanya interaksi sosial yang intens dalam olahraga tradisional gobak sodor.

References

Awang, I. S., Merpirah, M., & Mulyadi, Y. B. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7946
Listyaningrum, D. (2018). Pengaruh Permainan radisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 3(2), 108. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i2.3463
Melinda. (2017). Eksistensi Permainan Tradisional di Sekolah Dasar. Skripsi, 8–26.

Downloads

Published

2024-12-03

Issue

Section

Articles