Model Physical Activity Berbasis Permainan Pada Disabilitas Netra

  • Andi Fatimatuz Zahra Universitas Negeri Jakarta
  • Fajar Vidya Hartono Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Kholik Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Aktivitas Fisik, Permainan, Disabilitas Netra

Abstract

Kegiatan aktivitas fisik disabilitas netra dengan membuat suatu program permainan modifikasi. Program ini dibuat dalam bentuk rekreasi terdapat unsur permainan di dalam nya. Tujuan dari dibuatnya permainan ialah untuk membuat kegiatan yang selama ini dianggap membosankan menjadi lebih bervariatif dan menarik, sehingga para disabilitas netra bisa melakukan kegiatan dengan senang bahkan berpotensi membuat mereka menjadi lebih aktif bergerak serta rajin melakukan aktivitas. Menurut Dick et al. (2005) mengembangkan model-model pengembangan yaitu model ADDIE, model tersebut terdiri dari lima tahapan pengembangan. Model yang melibatkan tahap-tahap pengembangan model dengan lima langkah atau fase pengembangan meliputi: Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations. Melihat hasil dari penelitian Model Physical Activity Berbasis Permainan Pada Disabilitas Netra dapat memberikan kontribusi yang baik bagi anak-anak disaat tidak ada kegiatan di Panti Sosial Bina Netra dan Rungu Wicara Cahaya Batin, memberikan kontribusi yang baik juga kepada pengelola Panti Sosial Bina Netra dan Rungu Wicara Cahaya Batin dalam proses penelitian ini. Sehubung dengan produk yang di buat yaitu Model Physical Activity Berbasis Permainan Pada Disabilitas Netra, hal ini anak-anak sangatlah antusias dalam melakukan aktivitas fisik berbasis permainan, peneliti akan memberikan saran yang meliputi.  

References

Albet Maydiantoro. (2019). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Metode Penelitian, 10, 1–8.
Alkodri, M. N., & Purnama, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan App Inventor pada Mata Kuliah Bahasa Pemrograman. E-Tech, 07(02), 1–13.
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 131–144. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36
Branch, R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Handayani, D. T., & Kartiko, D. C. (2021). Evaluasi Pengembangan Media Painting Stone Pada Siswa Disabilitas Netra. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Volume, 09(01), 273–278.
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
Sholihin & Sugiarto, 2016. (2016). Analisis Aktivitas Fisik Dan Aktivitas Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang Dalam Memanfaatkan Waktu Luang. JSSF (Journal of Sport Science and Fitness), 4(4), 34–37.
Section
Articles