Model Aktivitas Fisik Berbasis Outdoor Activity Untuk Kepemimpinan Anak Pra Remaja
Keywords:
Aktivitas Fisik, Outdoor Activity, Kepemimpinan.Abstract
Kegiatan aktivitas fisik berbasis outdoor activity dengan membuat suatu program permainan yang memiliki indikator kepemimpinan di dalamnya. Program ini dibuat dalam bentuk aktivitas fisik dengan terdapat unsur permainan di dalam nya. Tujuan dari dibuatnya aktivitas fisik berbasis outdoor activity ialah untuk membuat kegiatan yang biasanya di lakukan di dalam kelas di lakukan di tempat yang berada di luar kelas, bertujuan agar siswa merasakan sensasi baru dalam melakukan kegiatan aktivitas fisik. Di samping itu kegiatan aktivitas fisik juga di tambah dengan indikator kepemimpinan agar anak belajar bagaimana berkerja sama dalam kelompok, mengelola emosi, pemecahan masalah dalam kelompok dan pengambilan keputusan. Selama ini aktivitas fisik dianggap membosankan dengan di adakannya aktivitas fisik berbasis outdoor activity di harapkan menjadi lebih bervariatif dan menarik, sehingga para anak pra remaja bisa mengikuti kegiatan dengan senang bahkan berpotensi membuat mereka menjadi lebih aktif serta rajin melakukan aktivitas. Menurut Dick et al. (2005) mengembangkan model-model pengembangan yaitu model ADDIE, model tersebut terdiri dari lima tahapan pengembangan. Model yang melibatkan tahap-tahap pengembangan model dengan lima langkah atau fase pengembangan meliputi: Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations. Hasil akhir dari produk model aktivitas fisik berbasis outdoor activity untuk kepemimpinan anak pra remaja setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa model permainan yang di terapkan layak dan sesuai. Hasil dari analisis kebutuhan menunjukan bahwa anak-anak sangat senang dan bersemangat mengikuti permainan yang berikan. Dengan menerapkan model aktivitas fisik berbasis outdoor activity untuk kepemimpinan anak pra remaja anak-anak akan lebih senang melakkan aktivitas fisik atau permainan di luar ruangan dan tidak hanya melakukan kegiatan di dalam kamar atau terpaku pada gadget seiring perkembangan zaman. Serta permainan aktivitas fisik ini juga memiliki indikator kepemimpinan, dimana di harapkan anak dapat mengimplementasikan indikator tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan kepemimpinan lewat aktivitas fisik di rasa sangat baik karena anak dapat melakukannya secara bersama-sama maupun individu dan melakukannya dengan gembira.
References
Khodijah, R., & Putra, P. (2020). Pelatihan Manajemen Kepemimpinan (Leadership) Dalam Berorganisasi. Devosi, 1(1), 5–10. https://doi.org/10.33558/devosi.v1i1.2487
Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129–147. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3650
Mustanir, A., Muhammadiyah, U., Rappang, S., & Irwan, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Partisipasi Masyarakat Pada PerencanaanPembangunan. December. https://doi.org/10.31947/jakpp.v1i2.7977
Morgan, T. L., Semenchuk, B. N., Duhamel, T. A., Blanchard, C., Sweet, S. N., Kent, D., Meade, L., Whaley, D., & Strachan, S. M. (2021). Psychology of Sport & Exercise Testing the Physical Activity Self-Definition Model among low-active adults participating in a physical activity intervention. Psychology of Sport & Exercise, 57(February), 102052. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.102052.
Setyawan, H., & Dimyati, D. (2015a). Model Permainan Aktivitas Luar Kelas Untuk Mengembangkan Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Siswa Sma. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 164–177. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6230.
Siswa, K. E. (2019). Journal Sport Area. 339–347.
Tongonizisokhi Laia, Nelly A.Sinaga, & Kaharuddin. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Dan Etika Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pada Usaha Kerupuk Sambal Spesial Sibolga. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(4), 204–214. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i4.4.