OUTDOOR EDUCATION SEBAGAI PILAR PEMBENTUKAN KARAKTER KERJASAMA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Fahmi Fahrezi Universitas Negeri jakarta
  • Hernawan Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Outdoor Education, Pendidikan Karakter, Kerja Sama

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana pembentukan karakter melalui Outdoor Education pada siswa kelas V LPI At–taufiq. Penelitian ini dilaksanakan di LPI At–taufiq, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2023 semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan Pre Test dan Post Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V LPI At–taufiq. Sampel penelitian adalah siswa kelas V LPI At–taufiq Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 20 siswa. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa angket dan tekhnik analisis, dalam penelitian ini menggunakan statistic uji-t. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa outdoor education ternyata efektif dan dapat menumbuhkan karakter kerjasama siswa kelas V LPI At–taufiq. Hal ini terbukti dari hasil analisis data test awal dan tes akhir karakter kerjasama di analisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung. Selanjutnya diuji dengan ttabel pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan, diperoleh nilai ttabel, dengan demikian nilai thitung > nilai ttabel atau 1,614 > 1,729. Dengan terbukti nilai thitung > nilai ttable dapat dinyatakan bahwa outdoor education mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan karakter dan nilai-nilai kerjasama siswa kelas V LPI At–taufiq Jakarta Timur, DKI Jakarta.

References

Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185.

Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375.

Bakhri, R. S (2019). Improving Leadership and Teamwork through Outdoor Education Camping Program. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.33222/juara.v5i1.704.

Chairad, M., Hasibuan, B. S., Fadli, Z., & Saputra, I. (2019). Pengaruh Pendidikan Di Luar Kelas (Outdoor Education) Terhadap Pengembangan Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 1. https://doi.org/10.24114/jik.v17i2.12296.

Soetantyo, S. P. (2016). Peranan Dongeng Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 14(1), 44–51. https://doi.org/10.33830/jp.v14i1.355.2013.

Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033.

Yuliarto, H. (2017). Pendidikan Luar Kelas sebagai Pilar Pembentukan Karakter Oles Siswa.

Published
2024-05-10
Section
Articles