Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Pohon dan Tupai Pada Anak Sekolah Dasar Kelas 6

Authors

  • Rosid Muhidin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Entan Saptani Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

motorik kasar, permainan pohon dan tupai

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan pohon dan tupai pada anak sekolah dasar kelas VI, Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, jumlah sampel 20 anak dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas anak pada siklus I jumlah perolehan skor dengan katagori nilai sangat baik mendapatkan 4 orang dengan presentase 20%, 6 orang mendapatkan nilai baik dengan presentase 30%, 2 orang mendapatkan nilai sedang dengan presentase 10%, 1 orang mendapatkan nilai kurang dengan presentase 5%, dan 7 orang mendapatkan nilai sangat kurang dengan presentase 35%. Sedangkan Pada siklus ke II untuk katagori dengan nilai sangat baik menjadi 7 orang dengan presentase 35%, 3 orang mendapatkan nilai baik dengan presentase 15%, 2 orang mendapatkan nilai sedang dengan presentase 10%, 3 orang mendapatkan nilai kurang dengan presentase 15%, dan 5 orang mendapatkan nilai sangat kurang dengan presentase 25%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional pohon dan tupai dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak karena dalam permainan tersebut banyak melibatkan gerakan otot-otot besar.

References

Chandra Ananditha, A. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan PerkembanganMotorik Kasar Pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 9, 113–118.
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, IV(2), 2338–2163.
Harahap, M. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Bermain Lempar Tangkap Bola Di Ra Assyifa. Jurnal Ansiru, 4(1), 100–107.
Murti, T. (2018). Perkembangan Fisik Motorik dan Perseptual Serta Implikasinya pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 26(1), 21–28. https://doi.org/10.17977/um035v26i12018p021
Rohmatin, T., & Wulan, B. R. S. (2019). Kemampuan motorik kasar anak sekolah dasar berdasarkan perbedaan status ekonomi keluarga. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 172. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5024
Sari, D. P., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 40–44. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161
Sebelas, S., & Sumedang, A. (2018). TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN ATLETIK LARI ESTAFET Dadang Budi Hermawan. 2(1).

Downloads

Published

2024-05-06

Issue

Section

Articles