MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA NEW NORMAL
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21158Abstract
The COVID-19 pandemic has not abated. T
References
Al-Tabany, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Ernalis. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Konseling dan Pendidikan Volume 4 Nomor 3. E-ISSN: 2337-6880. https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/86
Firdaus, S., Isnaeni, W. & Ellianawati. (2018). Motivation and Learning Achievement of Primary Students in Theme-Based Learning using Blended Learning Model. Journal of Primary Education. DOI 10.15294/JPE.V7I3.24225
Fitriwati, D., G. (2018). The Effect of Motivation on the Learning Achievement. Indonesian Journal of Integrated English Language Teaching (IJIELT), Vol. 4 No. 1, November 2018. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijielt.v4i2.6666
Hidayah, N & Anisa, W. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Think Pair Share Berbantuan Alat Peraga Bahan Bekas. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar vol. 3, no. 2, 2019. DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1186
Huda, M. (2015). Cooperative Learning “Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradagmitis). Yogyakarta: Pustaka Belajar
Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. e-ISSN: 2442-7667. https://core.ac.uk/download/pdf/234119513.pdf
Istiana, M. E., & Satianingsih, R. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 423-430.
Jannah, N. & Mudjiran. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 4 Tahun 2019. https://jbasic.org/index.php/basicedu. e-ISSN 2580-1147
Jatmiko, A. & Wilujeng, I. (2017). Analisis Keterampilan Sosial Siswa pada Metode Kooperatif dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kependidikan, Volume 1, Nomor 2, November 2017. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.8408
Johnson, D. W. & Johnson, R. T. (2014). Cooperative Learning in 21st Century. anales de psicología, 2014, vol. 30. http://dx.doi.org/10.6018/analesps.30.3.201241
Johnson, D. W. & Johnson, R. T. (2017). Cooperative Learning. Innovacion Educacio.
Kuhltau, C. C. (2002). Teaching The Library Research. USA: Scarecrow Press Inc.
Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia
Ly, P., Degeng, I., Setyosari, P., & Sulton. (2016). Relationship Between Achievement Motivation and Learning Outcomes on Land Law Course vy Student of PPKN Nusa Cendana University. Internaational Conference Education 2016. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ice/article/view/93
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Maulida, A., Soegeng, & Singgih. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Supriyadi Semarang. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Program Studi PGSD Bekerjasama Dengan Program Studi PGSD Semarang, 9 Mei 2018. ISBN: 978-602-5784-13-2. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SD2018/SSND2018/paper/view/2606
Ning, H. (2010). An Investigation of the Use of Cooperative Learning in Teaching English as a Foreign Language with Tertiary Education Learners in China. https://ir.canterbury.ac.nz/handle/10092/5188
Nursafitri. L. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Melalui Cooperative Learning. https://www.researchgate.net/publication/328136498_Pengembangan_Keterampilan_Sosial_Melalui_Cooperative_Learning
Prawiladilaga, D. (2014). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Rusminati, S. H., & Sulistyawati, I. (2018). Implementasi lesson study menggunakan model think pair share dan pendekatan saintifik. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 88-97.
Sadipun, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDI Ende 14. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3, No.1, 2020. ISSN 2656-601X. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v3i1.1461
Sari, R. P., Tusyantari , N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (1), 9-15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Schunk, D.H. (2012). Learning theories. Terjemahan oleh: Eva Hamdiah & Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Shoimin, A. (2014). Enam Puluh Delapan Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Shontara, K. & Vanna, S. (2009). Cooperative Learning: Theory & Practice. World Education, Inc. Collaborate with Kapuchean Action for Prymary Education.
Slavin, R. E., Chamberlain, A., & Hurley, E., (2003). Cooperative Learning and Achievement: Theory and Research. https://www.researchgate.net/publication/227988895. DOI: 10.1002/0471264385.wei0709
Subkhan, E. (2016). Sejarah & Paradigma Teknologi Pendidikan untuk Perubahan Sosial. Jakarta: Kencana.
Sudana, I., & Wesnawa, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1). 10.33578/jpfkip.v7i1.5359. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128
Sumarliningsih, G., Wasitohadi, & Rahayu, T. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas 4 Sdn Sidorejo Lor 01 Kota Salatiga. Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol. 1 No. 1 April 2018. ISSN 2615-1421. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.351
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suti, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tema Hidup Rukun pada Siswa Kelas II. Journal of Education Action Research Volume 2, Number 3 Tahun 2018, ISSN: 2580-4790 E-ISSN: 2549-3272. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i3.16257
Suyono & Haryanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Via, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Saintifik. Wahana: Tridharma Perguruan Tinggi, 64(1), 49-57.
Widiana, I. N & Jampel, I. N. (2016). Improving Students’ Creative Thinking And Achievement Through The Implementation Of Multiple Intelligence Approach With Mind Mapping. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol.5, No.3. ISSN: 2252-8822. DOI: http://doi.org/10.11591/ijere.v5i3
__________Tiga Dampak Negatif bila Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terlalu Lama. https://nasional.kontan.co.id/news/tiga-dampak-negatif-bila-pembelajaran-jarak-jauh-pjj-terlalu-lama?page=1
__________Nadiem targetkan semua sekolah sudah lakukan tatap muka pada Juli 2021. https://www.antaranews.com/berita/2025336/nadiem-targetkan-semua-sekolah-sudah-lakukan-tatap-muka-pada-juli-2021
__________Permenkes Republik Indonesia No 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
__________Salinan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri No 440-882 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
__________"UPDATE 14 Maret: Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Tercatat 137.912" https://nasional.kompas.com/read/2021/03/14/17420981/update-14-maret-kasus-aktif-covid-19-di-indonesia-tercatat-137912.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Ernalis. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Konseling dan Pendidikan Volume 4 Nomor 3. E-ISSN: 2337-6880. https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/86
Firdaus, S., Isnaeni, W. & Ellianawati. (2018). Motivation and Learning Achievement of Primary Students in Theme-Based Learning using Blended Learning Model. Journal of Primary Education. DOI 10.15294/JPE.V7I3.24225
Fitriwati, D., G. (2018). The Effect of Motivation on the Learning Achievement. Indonesian Journal of Integrated English Language Teaching (IJIELT), Vol. 4 No. 1, November 2018. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijielt.v4i2.6666
Hidayah, N & Anisa, W. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Think Pair Share Berbantuan Alat Peraga Bahan Bekas. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar vol. 3, no. 2, 2019. DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1186
Huda, M. (2015). Cooperative Learning “Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradagmitis). Yogyakarta: Pustaka Belajar
Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. e-ISSN: 2442-7667. https://core.ac.uk/download/pdf/234119513.pdf
Istiana, M. E., & Satianingsih, R. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 423-430.
Jannah, N. & Mudjiran. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 4 Tahun 2019. https://jbasic.org/index.php/basicedu. e-ISSN 2580-1147
Jatmiko, A. & Wilujeng, I. (2017). Analisis Keterampilan Sosial Siswa pada Metode Kooperatif dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kependidikan, Volume 1, Nomor 2, November 2017. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.8408
Johnson, D. W. & Johnson, R. T. (2014). Cooperative Learning in 21st Century. anales de psicología, 2014, vol. 30. http://dx.doi.org/10.6018/analesps.30.3.201241
Johnson, D. W. & Johnson, R. T. (2017). Cooperative Learning. Innovacion Educacio.
Kuhltau, C. C. (2002). Teaching The Library Research. USA: Scarecrow Press Inc.
Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia
Ly, P., Degeng, I., Setyosari, P., & Sulton. (2016). Relationship Between Achievement Motivation and Learning Outcomes on Land Law Course vy Student of PPKN Nusa Cendana University. Internaational Conference Education 2016. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ice/article/view/93
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Maulida, A., Soegeng, & Singgih. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Supriyadi Semarang. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Program Studi PGSD Bekerjasama Dengan Program Studi PGSD Semarang, 9 Mei 2018. ISBN: 978-602-5784-13-2. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SD2018/SSND2018/paper/view/2606
Ning, H. (2010). An Investigation of the Use of Cooperative Learning in Teaching English as a Foreign Language with Tertiary Education Learners in China. https://ir.canterbury.ac.nz/handle/10092/5188
Nursafitri. L. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Melalui Cooperative Learning. https://www.researchgate.net/publication/328136498_Pengembangan_Keterampilan_Sosial_Melalui_Cooperative_Learning
Prawiladilaga, D. (2014). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Rusminati, S. H., & Sulistyawati, I. (2018). Implementasi lesson study menggunakan model think pair share dan pendekatan saintifik. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 88-97.
Sadipun, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDI Ende 14. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3, No.1, 2020. ISSN 2656-601X. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v3i1.1461
Sari, R. P., Tusyantari , N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (1), 9-15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Schunk, D.H. (2012). Learning theories. Terjemahan oleh: Eva Hamdiah & Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Shoimin, A. (2014). Enam Puluh Delapan Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Shontara, K. & Vanna, S. (2009). Cooperative Learning: Theory & Practice. World Education, Inc. Collaborate with Kapuchean Action for Prymary Education.
Slavin, R. E., Chamberlain, A., & Hurley, E., (2003). Cooperative Learning and Achievement: Theory and Research. https://www.researchgate.net/publication/227988895. DOI: 10.1002/0471264385.wei0709
Subkhan, E. (2016). Sejarah & Paradigma Teknologi Pendidikan untuk Perubahan Sosial. Jakarta: Kencana.
Sudana, I., & Wesnawa, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1). 10.33578/jpfkip.v7i1.5359. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128
Sumarliningsih, G., Wasitohadi, & Rahayu, T. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas 4 Sdn Sidorejo Lor 01 Kota Salatiga. Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol. 1 No. 1 April 2018. ISSN 2615-1421. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.351
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suti, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tema Hidup Rukun pada Siswa Kelas II. Journal of Education Action Research Volume 2, Number 3 Tahun 2018, ISSN: 2580-4790 E-ISSN: 2549-3272. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i3.16257
Suyono & Haryanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Via, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Saintifik. Wahana: Tridharma Perguruan Tinggi, 64(1), 49-57.
Widiana, I. N & Jampel, I. N. (2016). Improving Students’ Creative Thinking And Achievement Through The Implementation Of Multiple Intelligence Approach With Mind Mapping. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol.5, No.3. ISSN: 2252-8822. DOI: http://doi.org/10.11591/ijere.v5i3
__________Tiga Dampak Negatif bila Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terlalu Lama. https://nasional.kontan.co.id/news/tiga-dampak-negatif-bila-pembelajaran-jarak-jauh-pjj-terlalu-lama?page=1
__________Nadiem targetkan semua sekolah sudah lakukan tatap muka pada Juli 2021. https://www.antaranews.com/berita/2025336/nadiem-targetkan-semua-sekolah-sudah-lakukan-tatap-muka-pada-juli-2021
__________Permenkes Republik Indonesia No 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
__________Salinan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri No 440-882 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
__________"UPDATE 14 Maret: Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Tercatat 137.912" https://nasional.kompas.com/read/2021/03/14/17420981/update-14-maret-kasus-aktif-covid-19-di-indonesia-tercatat-137912.
Downloads
Published
2021-06-10
How to Cite
Arif Mahya Fanny, Laila, & Via. (2021). MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA NEW NORMAL. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 74–86. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21158
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Dasar