PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Bekti Rahayu PPG Universitas Pakuan
  • Fitriyani Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpd.v12i02.25931

Keywords:

Peningkatan hasil belajar, Discovery Learning, Pembelajaran tematik

Abstract

Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ketampakan alam wilayah daratan dan perairan di kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi ketampakan alam wilayah daratan dan perairan pada siswa kelas V melalui model pembelajaran kooperatif discovery learning. Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan PTK dari C.Kemmis & Mc Taggart dengan menggunakan 2 siklus terdiri dari 3 tahap yakni, 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dan observasi 3) refleksi. Subjek peneliti ini adalah Peserta didik kelas VC di SDN Sindangsari Kota Bogor, Tahun Ajaran 2020 / 2021 dengan jumlah 35 peserta didik yang terdiri dari 15 Peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan   Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Peningkatan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebesar 70,85, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,30 termasuk dalam kategori A dengan interpretasi sangat berkualitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif discovery learning  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri di Bogor Barat Kota Bogor. Selain itu model pembelajaran kooperatif discovery learning dapat meningkatkan tanggung jawab, kerjasama, dan rasa ingin tahu dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Rahayu, B., & Fitriyani. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(02), 103–113. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i02.25931