UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN METODE YANG BERVARIATIF DAN MODEL TIRUAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lely Fauziah Universitas Pelita Bangsa
  • Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Hasil belajar; Tematik; Model Tiruan

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa dengan menggunakan metode yang bervariatif melalui alat peraga yang berupa gambar dan model tiruan. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Cipinang Besar Utara 11 PG. Jumlah siswa kelas V SD Cipinang Besar Utara 11 PG berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penggunaan media gambar dan model tiruan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan bukti :1). Pra Siklus mencapai nilai rata- rata 58.00 2). Siklus I mencapai nilai rata-rata 80,00. 3). Siklus II mencapai nilai rata-rata 90,80. Hal ini  dapat disimpulkan bahwa pada proses perbaikan pembelajaran 2 TEMA 5 Sub tema 1 dari siklus I maupun siklus II pada mata pelajaran IPA dengan kompetensi dasar ”Mendeskripsikan hubungan gaya, gerak, dan energi serta fungsinya”. dalam materi Klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya dengan fokus perbaikan bahwa dengan media gambar dan model tiruan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

Ardika, L. D., & Tampubolon, B. (2015). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Bruner Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6).
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Daili, A. (2022). PENERAPAN METODEPEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR. JURNAL ILMIAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 12(1), 68–74.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).
Ibrahim, R., & Nana Syaodih, S. (2003). Perencanaan Pengajaran, cet. 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Bekerjasama Dengan Rineka Cipta.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models Of Teaching: Model-Model Pembelajaran Edisi Kedelapan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik:(Konsep dan Aplikasi). Cv. Ae Media Grafika.
Kurniati, P., Untari, M. F. A., & Sulianto, J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Penjumlahan Puluhan Menggunakan Metode Permainan Media Ular Tangga. Journal of Education Action Research, 4(4), 407–414.
Kurniawan, M. R. (2017). Analisis karakter media pembelajaran berdasarkan gaya belajar peserta didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491–506.
Kusumaningrum, A. Z., Rofian, R., & Wijayanti, A. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Montase Terhadap Hasil Belajar Tematik. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 364–371.
Pantiwati, Y. (2016). PENGGUNAAN MEDIA TIRUAN SEBAGAI ALTERNATIF MENGEMBANGKAN KESADARAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN PAKEM IPA SD. Research Report.
Rahayu, B. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(02), 103–113.
Rosenberg, E., Truong, H. A., Hsu, S. Y., & Taheri, R. (2018). Implementation and lessons learned from a mock trial as a teaching-learning and assessment activity. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 10(8), 1076–1086. https://doi.org/10.1016/J.CPTL.2018.05.014
Sunarsih, S., & SD, S. P. D. (2020). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas Ii SDN 01 Mojorejo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 3(1), 63–71.
Supriadi, M. A., Astra, I. M., Japar, M., & Fitriyani, F. (2020). Learning achievement: outdoor learning and naturalist intelligence. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 47–53.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).
Suweleh, W., & Faradita, M. N. (2019). Media Model Tiruan Sapi Perah dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 115–122.
Widiyanto, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif dengan Media Miniatur Untuk Peningkatan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 47–68.
Woo, E. M. W., Serenko, A., & Chu, S. K. W. (2019). An exploratory study of the relationship between the use of the Learning Commons and students’ perceived learning outcomes. The Journal of Academic Librarianship, 45(4), 413–419. https://doi.org/10.1016/J.ACALIB.2019.05.007

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Fauziah, L., & Fitriyani. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN METODE YANG BERVARIATIF DAN MODEL TIRUAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(01), 62–73. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/27420