HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DASADARMA PRAMUKA DENGAN SIKAP YANG SESUAI NILAI PANCASILA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SETIABUDI

Authors

  • Ismaturrohmah Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta
  • M. Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpd.v14i01.37410

Keywords:

Dasadarma, Pramuka, Pancasila

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dasadarma pramuka dengan sikap yang sesuai nilai pancasila siswa kelas V sekolah dasar di kecamatan Setiabudi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model korelasional. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V di SDN Guntur 03 Pagi dan SDN Menteng Atas 14 Kecamatan Setiabudi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui uji tes pengetahuan dasadarma dan mengisi kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh yaitu berdasarkan uji koefisien korelasi r sebesar 0,278 dengan tingkat kategori korelasional yang rendah. Selain itu, hasil uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 7,75%. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel sikap yang sesuai nilai pancasila sebesar 7,75% ditentukan oleh variabel pengetahuan dasadarma pramuka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dasadarma pramuka memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan sikap yang sesuai nilai pancasila pada siswa kelas V sekolah dasar  di SDN Guntur 03 Pagi dan SDN Menteng Atas 14.

References

Anggraeni Dewi, D., & Rooselia Listiana, Y. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Rasa Cinta Tanah Air Pelajar Di Banyumas. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, Volume 2(01), p. 31.
Aningsih, Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, Volume 12(1), p. 372. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029
Azyyati, D. (2016). Melalui Model Cooperative Learning Tipe Giving Question and Getting Answer Siswa Kelas V. p. 8.
Dalmeri. (2019). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Journal of Chemical Information and Modeling, Volume 53(9), pp. 1689–1699.
Ervitasari, A., & Iriani, A. (2022). Evaluation of the Scout Extracurricular Program to Improve the Character of Elementary School Students. Indonesian Values and Character Education Journal, Volume 5(2), p. 52. https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i2.51808
Fathurrohman, P., Suryana, A., & Fatriani, F. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter (2nd ed.). PT Refika Aditama.
Hidayat, O. S. (2020). Pendidikan Karakter Anak Sesuai Pembelajaran Abad ke-21 (E. N. Sopian (ed.)). Edura UNJ.
Ilham, K. (2022). 5 Dampak Negatif Media Sosial Jika digunakan Secara Berlebihan. Narasi Daily. https://narasi.tv/read/narasi-daily/5-dampak-negatif-media-sosial-jika-digunakan-secara-berlebihan
Jalaluddin, R. (2008). Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Kristanto, E. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep PKn pada Materi Keputusan Bersama dengan Strategi Pembelajaran Debat Aktif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, Volume 2(1), p. 353.
Lickona, T. (2013). Educating for Character, Mendidik Untuk Membangun Karakter (2nd ed.). PT. Bumi Aksara.
Maolinda, N. et al. (2012). Kesehatan Masyara. Sampling Techniques, 3.
Meinarno, E. A., & Sarwono, S. W. (2018). Psikologi Sosial Edisi 2. Salemba Humanika.
Muflihin, M. H. (2019). Mengajar dan Membina Kegiatan Pramuka (N. Asri (ed.); I). PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D., Sukarliana, L., & Elistiyani, R. (2022). Upaya Penguatan Ideologi Pncasila melalui Organisasi Ekstrakulikuler Pramuka di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Margaasih. 5(1).
Prahesti, D. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Peran Dasadharma Pramuka. Edutama, 1–8. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1637/%0Ahttp://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1637/1/ARTIKEL DONA PRAHESTI_1722007.pdf
Pramana, H. B. P. P. (2017). Pedoman Resmi Gerakan Pramuka, Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan (1st ed.). PT Anak Hebat Indonesia.
Purwanti, L., Sembiring, M. F., & Agustinwati, A. (2021). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Anggota Gerakan Pramuka Di Kelas Vi Sdn 050618 Kampung Bamban Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, Volume 9(2), p. 61–70. https://doi.org/10.37755/jspk.v9i2.312
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://id.scribd.com/embeds/391327717/content?start_page=1&view_mode=scroll&access_key=key-fFexxf7r1bzEfWu3HKwf
Suharyat, Y. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1(3), 1–19.
Syafaruddin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Perdana Publishing.
Wahyono, I. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di SDN 1 Sekarsuli the Implementation of Pancasila. Values in Learning Activities., p. 2.
Yasinta. (2017). Implementasi nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMK Al Ma’shum Sidodadi Kisaran Tahun Pelajaran 2016/2017 (pp. 1–9). Universitas Negeri Medan.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Ismaturrohmah, Zakiah, L., & Sumantri, M. S. (2023). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DASADARMA PRAMUKA DENGAN SIKAP YANG SESUAI NILAI PANCASILA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SETIABUDI. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 84–98. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i01.37410