PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN

Authors

  • Rossi Iskandar PGMI UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jalan A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Keywords:

Social science, learning outcome, role playing, independence proclamation

Abstract

Research aims to know role playing's tech implement on social science learning. Method that is utilized in this research is observational action braze. Its data collecting tech is by use of activity observation sheet student and teacher and sheet essay. Base analisis observational already been done that tech implement plays performed role with every consideration. Activity learns on i. cycle is 81.8 % and on cycle II. by derived 90.9 % meanwhile on 100 performed III. cycle % of 22 aspect those are proposed.

Keyword: Social science, learning outcome, role playing, independence proclamation

 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik bermain peran pada
pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan lembar
observasi aktivitas siswa dan guru serta lembar tes. Berdasarkan analisis penelitian yang
telah dilakukan bahwa penerapan teknik bermain peran terlaksana dengan baik. Aktivitas
guru pada siklus I adalah 81.8 % dan pada siklus II dengan perolehan 90.9 % sedangkan
pada siklus III terlaksana 100 % dari 22 aspek yang diajukan.
Keyword: Ilmu pengetahuan sosial, hasil belajar, bermain peran, proklamasi kemerdekaan

Downloads

Published

2015-12-30

How to Cite

Iskandar, R. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 292–301. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/494